BIMBINGAN KARAKTER ISLAM TERPADU BERBASIS HIGH-TECH DAN HIGH TOUCH DI JENJANG SEKOLAH DASAR

Farida Ulyani

Abstract


Krisis karakter bangsa menuntut adanya tawaran model pendidikan karakter Islam yang relevan dengan tuntutan zaman. Penelitian ini membahas pola bimbingan karakter Islami dengan pendekatan high tech dan high touch dengan dukungan struktur ekologis di sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang dulu awalnya sekolah ini mau tutup karena kehabisan peserta didik mengalamu kemunduran, namun dengan pendekatan Islam terpadu mampu bangkit kembali dengan karakter khas. Paper ini membahas implementasi pilar kewibawaan yang merupakan sentuhan tingkat tinggi (high touch) dan pilar kewiyataan yang meliputi kegiatan operasional pembelajaran berteknologi tinggi (high tech) dalam dinamika yang aktif, dinamis dan menggairahkan dalam proses bimbingan karakter Islami di sekolah tersebut. Melalui pendekatan studi kasus dan analisis sosiologi kritis riset ini menunjukkan kesimpulan bahwa bimbingan karakter Islami berbasis  high touch dan high tech di sekolah tersebut menunjukkan keterpaduan yang unik antara aspek kewibawaan dan kewiyataan yang terbangun melalui dua jalur sekaligus. Jalur pertama, adalah jalur habituasi yang terkonstruksi dalam struktur ekologis. Kedua jalur intervensi yang terdesain dalam setiap mata pelajaran secara tematik. Namun sekolah ini karena semakin ditengarai sebagai Islamisme sehingga masyarakat mulai memilih alternatif lain. Maka menjadi penting ketahanan sekolah tersebut dibangun dengan akar sosiologi keagamaan di Kudus yang nota bene Kudus dikenal sejak zaman Sunan Kudus dikenal sebagai kota toleransi dan moderasi dalam beragama.

 

Kata kunci: Bimbingan karakter, high touch dan high tech, kewibawaan, kewiyataan, Islam terpadu

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2010). “Pendidikan Karakter: Mengasah Kepekaan Hati Nurani” Makalah disampaikan pada acara sarasehan Nasional Pendidikan Karakter, Direktorat Pendidikan Nasional, di Hotel Santika Yogyakarta, 15 April 2010.

Brewer, J.A. (2007). Introduction to Early Childhood Education; Preschool Through Primary Grade. Boston: Pearson.

Dewantara, K.H., (1962). Karja Ki Hadjar Dewantara.Bagian Pertama Pendidikan. Jogjakarta: Madjlis Luhur Persatua Taman Siswa,

Foucault, M. (2007). Disiplin Tubuh, Bengkel Individu Modern. Yogyakarta: LkiS.

Kartadinata, S. (2009a). Kerangka Kerja Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, Pendekatan Ekologis Sebagai Suatu Alternatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kartadinata, S. (2009b). Terapi dan Pemulihan Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kauchak, D. & Eggen, P. (2007). Educational Psycology; Windows to Classroom. Seventh Edition. US & Canada: Pearson Merill Prentice Hall.

Koesoema, Doni. A. (2007). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lickona, T. (1991) Educating For Character, New York: Bantam Books.

Lickona, T. (1992). “Educating For Character, How Our School Can Teach Respect and Responsibilit, New York: Bantam Books.

Lickona, T. (1993). “The Return of Character Education” dalam

JOURNAL CITATION: Educational Leadership, v51 n3 p6-11 Nov 1993. [Online] Tersedia: http://www.hi-ho.ne.jp/taku77/refer/lickona.htm (10 Juli 2018).

Lickona, T. (1994). “Raising Good Children: From Birth Though the Teenage Years, New York: Bantam Books.

Megawangi, R. (2001) Mengapa Pendidikan Karakter. Mimeograp, Indonesia Heritage Foundation. Tidak diterbitkan.

Megawangi, R. (2007) Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa (Cet. Kedua). Bogor: Indonesia Heritage Foundation

Muhaimin (2008). Paradigma pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda karya

Muhaimin (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam, Dari Paradigma Pengembangan, manajemen kelembagaan, kurikulum hingga strategi pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rachman, B. M. (2001). Suara Hati dan Fitrah Manusia. Tersedia: http://islamlib.com/id/artikel/suara-hati-dan-fitrah-manusia (23 Juni 2018).

Rahman, H. S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Rakhmat, J. (2007). Dahulukan Akhlak daripada Fiqh. Bandung: Mizan

Rahmat, J. (2010). Membangun Karakter: Mengembalikan Jiwa Pedidikan. Makalah Pembekalan Guru SMU Plus Muthohhari Bandung.

Sauri, S. (2011). Filsafat dan Teosofat Akhlak, Kajian Filosofis dan Teosofis tentang Akhlak, Karakter, Nilai, Moral, Etika, Budi Pekerti, Tata Krama dan Sopan Santun. Bandung: Rizqi Press

Sensus, A.I. (2010). Pentingnya Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Inklusi. Tersedia: http://balerancage.wordpress.com/2010/12/13/ pentingnya-layanan-bimbingan-dan-konseling-di-sekolah-inklusi/ (30 Maret 2018)

Setyoadi Purwanto. (2010). Tepuk Tangan Bikin Anak Pintar. Tersedia: http://kakadi.wordpress.com/2011/03/10/tepuk-tangan-bikin-anak-pintar/ (20 Juni 2018)

Smith, R. M. & Neisworth, J. T. & Berlin, C. M. Jr. (1975). The Exceptional Child. New York: McGraw-Hill Book Company.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Syaodih, E & Agustin, M (2008), Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.

Syaodih, E. (2005), Bimbingan di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dorektorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Syaodih, N. S (Eds.) (2003), Materi Bimbingan dan Konseling (untuk Pengembangan Diri, Sosial dan Karir), Bandung: Mutiara

Tarsidi, D. (2008). Intervensi bimbingan dan konseling untuk Membantu Perkembangan Kompetensi Sosial Anak Tunanetra. [Online] Tersedia: http://groups.yahoo.com/group/ditplb/message/704 (10 Juli 2010)

UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Yusuf, S. (1998), Model Bimbingan dan Konseling dengan Pendekatan Ekologis, UPI Bandung: Disertasi Tidak diterbitkan

Yusuf, S & Nurihsan, J. (2009), Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya

Yusuf, S. (2009), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publised by Program Studi Tadris IPS dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia