Development Of Digital Storybooks To Instill Empathetic Characters In Early Childhood In Ra Al-Kariim, Cirebon District

Sri Heti, Jazariyah Jazariyah, Ayu Vinlandari Wahyudi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran khususnya untuk menanamkan karakter empati. Kurangnya pemahaman empati pada anak menimbulkan terjadinya bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter empati pada anak usia dini melalui media buku cerita digital pada kelompok 0B RA Al-Kariim Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis pengembangan atau R&D dengan model Borg and Gall yang memiliki 10 tahap pengembangan. Namun peneliti membatasi tahapan pengembangan produk menjadi 8 tahap. Subyek penelitian ini terdiri dari 9 anak kelompok 0B. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 94% dan hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil respon kelayakan dari guru kelas 0B memperoleh skor sebesar 86% dan hasil respon dari guru pendamping memperoleh skor sebesar 84% dengan kategori “Sangat Layak”.

Full Text:

PDF

References


Arik, G. K. (2024). Predictors of Media Emotion Regulation and Its Consequences for Children’s Socioemotional Development. Psikiyatride Guncel Yaklasimlar - Current Approaches in Psychiatry, 16(3), 569–584. https://doi.org/10.18863/pgy.1368538

Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Iis, N. (2012). Pengembangan Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Taman Kanak-Kanak Asyiyah Pariaman. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 1(4), 1–11. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1667

Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Urgensi Empati Dalam Berkomunikasi Di Era 5.0. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 5(2), 59–72. https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i2.10981

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Muhtadi, A. (2014). Pengembangan Empati Anak Sebagai Dasar Pendidikan Moral, 1–15.

Nastiti, D. (2022). Implementasi Karakter Disiplin Pada Anak Usia Dini Guna Mengurangi Perundungan Pada Anak. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1083. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8629

Priska, V. H. (2020). Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology, 2(1), 193–201. Diambil dari https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/433.

Purwanto, A., & Maimunah, R. (2022). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 ANIM PURWANTO. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 2528–7427. Diambil dari www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Ridwan, M. (2023). Pengembangan Materi Pembelajaran Biografi Tokoh Pendidikan Berbasis Articulate Strolyline Untuk Pemelajaran Bahasa Lampung Siswa Kelas 7 SMP Kabupaten Pringsewu.

Rizkiyah, P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Sutanti, T. (2017). Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Simbolik Model Sebagai Alternatif Solusi Untutkt Meningkatkan Empati Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 369–380.

Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Ufairah, N. (2018). Bullying Pada Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 8. Diambil dari https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.