Behavioral Model of Gold Pawn Usage in Bank Syariah Indonesia: The Role of Islamic Service Quality

Rosyda Aulia Rahma, Anita Rahmawaty

Abstract


This research aims to determine the influence of Islamic Service Quality on Attitude, Social Influence on Attitude, Trust on Attitude, Promotion on Attitude and Attitude on Intention To Use at Bank Syariah Indonesia Kudus. This research begins with the increasingly rapid development of sharia banking in Indonesia, which is balanced with the strategies and strengths of these banks. One strategy is to maintain and continue to develop the quality of sharia banking services. This type of research is field research with 275 BSI Kudus customer respondents. The data was analysed using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The results of this research indicate that Islamic Service Quality has a positive effect on Attitude. Social Influence has no effect on Attitude. Trust influences Attitude. Promotion has no effect on Attitude. Attitude has a positive effect on Intention To Use.

 

Model Perilaku Penggunaan Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia: Peran Kualitas Layanan Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Service Quality terhadap Attitue, Social Influence terhadap Attitude, Trust terhadap Attitude, Promotion terhadap Attitude dan Attitude terhadap Intention to Use pada Bank Syariah Indonesia Kudus. Penelitian ini berawal dari perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang semakin pesat, perkembangan ini diimbangi dengan strategi dan kekuatan dari perbankan tersebut. Salah satu strategi adalah mempertahankan dan terus mengembangkan kualitas pelayanan perbankan syariah. Jenis penelitian ini field research dengan 275 responden nasabah BSI Kudus. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM).  Hasil dalam penelitian ini adalah Islamic Service Quality berpengaruh posoitif terhadap Attitude. Social Influence tidak berpengaruh terhadap Attitude. Trust berpengaruh terhadap Attitude. Promotion tidak berpengaruh terhadap Attitude. Attitude berpengaruh positif terhadap Intention to Use. 


Keywords


Behavioral Model; Gold Pawn; Islamic Service Quality.

Full Text:

PDF

References


Annisa, K. 2022. "Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Minat Masyarakat Dalam Investasi Emas". Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto.

Apriyanti, H.W. 2019. "Perkembangan Industri Perbankan Syariah Di Indonesia: Analisis Peluang Dan Tantangan". (Vol. 7). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), 16-23.

Arifin Sitio, H. A. R. 2020. "The Effect Of Promotion And Product Quality Through Purchase Decision On The Customer Satisfaction Of Bohemian Project ID Products". International Journal of Engineering Technologies and Management Research, Vol. 6(1).

Atal, N. U., Iranmanesh, M., Hashim, F., & Foroughi, B. 2020. "Drivers of Intention to Use Murabaha Financing: Religiosity as Moderator". Journal of Islamic Marketing, 13(3), 740-762.

Atarwaman, R. J. 2022. "Pengaruh Persepsi Resiko, Kegunaan, Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking Di Kota Ambon". Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2): 281-290.

Atiqoh, L. 2017. "Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik Di Sekolah Adiwiyata". Layly Atiqoh Dan Budiyono Saputro, 12(2), 285–308.

Diana, N. 2018. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money Di Indonesia. UII.

Faqih. 2020. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Nasabah pada Tabungan Marhamah PT Bank Sumut Kcp Syariah Al-Infaq". Jurnal Ekonomi Islam, 11(1).

Farah, M. F., Hasni, M. J. S., & Abbas, A. K. 2018. "Mobile-Banking Adoption: Empirical Evidence from the Banking Sector in Pakistan". International Journal of Bank Marketing, 36(7): 1386-1413.

Ghazali, D. 2009. Teori Dan Model Pengajaran Pendidikan Islam. Masalah Pendidikan, 32, 113-.

Farzin, M., Sadeghi, M., Yahyayi Kharkeshi, F., Ruholahpur, H., & Fattahi, M. 2021. "Extending UTAUT2 in M-Banking Adoption and Actual Use Behavior: Does WOM Communication Matter?" Asian Journal of Economics and Banking, 5(2): 136-157.

Hardika, D. 2022. "Pengaruh Iklan dan Promosi terhadap Sikap Tingkah Laku Mahasiswa". Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Assosiativ, 1(1).

Haris, R., & Lasika, M. D. 2019. "Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi". ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 3(2): 57-80.

Intan, Novita. 2022. "Penguatan Ekosistem Islam Dorong Ekonomi Syariah jadi Ketahanan Nasional". Ihram.Co.Id.

Jogiyanto. 2002. Sistem Informasi Keperilakuan. Andi.

Namahoot, Kanokkarn Snae dan Tipparat Laohavichien. 2018. "Assessing the Intentions to Use Internet Banking: The Role of Perceived Risk and Trust as Mediating Factors". International Journal of Bank Marketing, 36(2).

Nata, A. 2000. Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.

Nurfadilah, Dety dan Sudarmawan Samidi. 2019. "Determinants of Customer’s Intention to Use Murabahah financing In Indonesia: Modified TRA Model". Tazkia Islamic Finanace and Business Riview, 13(1).

Othman, A., & Owen, L. 2001. "The Multi Dimensionality of Carter Model to Measure Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banking Industry: A Study in Kuwait Finance House". International Journal of Islamic Financial Services, 3(4): 1-12.

Perbankan Syariah dalam https://www.ojk3.go.id/id/kanal2/syariah6/Pages/Perbankan-Syariah.aspx. (2022, diakses Desember). OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Rahmawaty, Anita. 2014. "Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang". Addin, 8(1).

Rahmawaty, Anita & Rakhmawati, Ita. 2022. "Repurchase Intention of Halal Cosmetic Product Among Muslim Consumers: The Roles of Islamic Branding, Halal Awareness, and Trust". Iqtishadia, 15(1): 1-20.

Romdhoni, R. 2018. "Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah". Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(2).

Sari, F.K, et al. 2019. "Persepsi, Sikap dan Minat Pariwisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta". Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 2(2).

Sari, A. A., & Suryaningsih, S. A. 2020. "Pengaruh Promosi Islami dan Kualitas Pelayanan Islami terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Emas: Studi pada Pegadaian Syariah Kabupaten Gresik". Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2): 187-199.

Susianto, H. 2020. "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Kecamatan Medan Belawan Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus di Belawan II)". Jurnal Fakultas Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).

Yatazaka, Y. 2014. "Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam". Jurnal Pendidikan Islam, 3(2): 289. https://doi.org3/10.144216/jpi.20147.32.2895-3026


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding of Postgraduate International Conference on Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Proceedings of the Postgraduate International Conference on Islamic Studies (PICIS)
Published by Postgraduate Program of State Islamic Institute of Kudus, Indonesia
Street Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +62291-432677
Website: https://pascasarjana.iainkudus.ac.id/
Email: pascasarjana@iainkudus.ac.id

E-ISSN : xxxx-xxxx

Creative Commons License
Proceeding of Postgraduate International Conference on Islamic Studies (PICIS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.