The Symbolic Meaning of the Mendhem Ari-Ari Tradition in Demak Regency in the Perspective of Islamic Theology of Nurcholish Madjid

A'yunil Mushthofiyah 'Arifah

Abstract


This article aims to find out the symbolic meaning of the tradition of mendhem ari-ari that has been done by the community of Demak district down the road. In addition, it will know the views of the religious figures in responding to the tradition according to the teachings of Islam. This article uses a model of qualitative approach through methods of observation, interviews, and documentation with phenomenological analysis to find out the events from the perspective of the community in Tuwang Village District Demak. The results show that: First, the tradition of mendhem ari-ari is an activity carried out by the parents of the baby, and the need to prepare the equipment as a condition of hope through the objects and have a certain meaning. Second, the Islamic theological view of the tradition is a culture of customary law. Nurcholish Madjid defines Islam as a universal religion. There are internal and external factors that influence the belief in the tradition of mendhem ari-ari, so it is still done today. Thus, what is in this tradition is a means of glorifying the property and honoring the traditions of our ancestors.


Makna Simbolik Tradisi Mendhem Ari-Ari di Kabupaten Demak dalam Perspektif Teologi Islam Nurcholish Madjid. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui makna simbolik tradisi mendhem ari-ari yang sudah dilakukan masyarakat Kabupaten Demak secara turun temurun. Selain itu, akan mengetahui pandangan para tokoh agama dalam menanggapi tradisi tersebut menurut ajaran Islam. Artikel ini menggunakan model pendekatan kualitatif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis fenomenologi untuk mengetahui peristiwa dari sudut pandang masyarakat di Desa Tuwang Kabupaten Demak. Hasil menunjukkan bahwa: Pertama, tradisi mendhem ari-ari merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh orangtua si bayi, dan perlu mempersiapkan perlengkapan sebagai syarat pengharapan melalui dari benda-benda dan memiliki makna tertentu. Kedua, pandangan teologi Islam terhadap tradisi mendhem ari-ari merupakan budaya dari hukum adat. Nurcholish Madjid mengartikan Islam sebagai agama yang universal. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kepercayaan tradisi mendhem ari-ari, sehingga saat ini masih tetap dilakukan. Dengan demikian, maka benda yang terdapat dalam tradisi ini menjadi sarana memuliakan ari-ari serta sebagai menghormati tradisi leluhur nenek moyang.


Keywords


Islamic theology; Nurcholish Madjid; Symbolic meaning; Traditions of Mendhem Ari-ari.

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, I. 2022. Al-Mustashfa Jilid 2: Rujukan Utama Ushul Fikih. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar. https://books.google.co.id/books?id=Vp6UEAAAQBAJ.

Amin, Nasihun. 2021. Pemikiran Teologi Islam Modern. Semarang: CV Lawwana.

Anwar, Haerul. 2014. "Teologi Islam Perspektif Fazlur Rahman." Ilmu Ushuluddin 2(2): 125-66. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ilmu-ushuluddin/article/view/1008.

Astuti, Linda. 2016. "Pemaknaan Pesan Pada Upacara Ritual Tabot (Studi Pada Simbol-Simbol Kebudayaan Tabot Di Provinsi Bengkulu)." Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik 3(1): 21.

Budhy Munawar-Rachman. 2019. Karya Lengkap Nurcholish Madjid Keislaman, Keindonesiaan, Dan Kemodernan. Jakarta: Nurcholish Madjid Society (NCMS).

---. 2022. Pemikiran Islam Nurcholish Madjid. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Corbin, H, and R Manheim. 1981. Creative Imagination in the Sufism of Ibn Arabi. Princeton: Princeton University Press. https://books.google.co.id/books?id=nK3_AwAAQBAJ.

Diningrum Citraningsih, Hanifah Noviandari. 2022. "Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan." Social Science Studies 2(1): 76.

Eko Nursalim, Iskandar. 2021. "Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an Dan Hadist." Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 1(1): 37-39.

Farihah, Irzum. 2014. "Strategi Dakwah Di Tengah Konflik Masyarakat." Addin 8(2): 298-303. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/599.

Firdaus, M. 2021. Tafsir Simbolis Sufi: Antara Ibn 'Arabi Dan Al-Qushayri. Edisi 1. Serang: Penerbit A-Empat. https://books.google.co.id/books?id=6nRWEAAAQBAJ.

Furqan. 2023. "Konsep Ketuhanan Dalam Perspektif Al-Baidhawi." SINTHOP: Media Kajian Pendidikan, Agama, Sosial dan Budaya 2(2): 120-21. https://doi.org/10.22373/sinthop.v2i2.3990.

Hamami, Nidom. 2022. "Menggagas Fiqih Lintas Agama (Upaya Mempertahankan Islam Inklusif Dan Plural)." Jurnal Pendidikan dan Kajian Aswaja 8(2): 97-104. http://digilib.uinkhas.ac.id/19493/1/1912-Article Text-6606-1-10-20230302.pdf.

Hamdie, Ilham Masykuri. 2015. "Tasawuf Dalam Pandangan Nurcholish Madjid." Al-Banjari?: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 14(1): 52.

Hariyanto. 2023. Pesantren Kiai, Kepemimpinan Dan Tradisi. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Hermawan, Pupu Kerti Nitiasih dan Gede Satya. 2018. Semiologi: Simbol, Makna, Dan Budaya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Humairoh, Siti, Siti Humairoh, and Wildan Zulza Mufti. 2021. "Akulturasi Budaya Islam Dan Jawa Dalam Tradisi Mengubur Tembuni." Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora 19(2): 264-78.

Ibnu Fiqhan Muslim, and Sanudin Ranam Priyono. 2022. "Implikasi Budaya Terhadap Ketakwaan." JEJAK?: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi 2(1): 51-59.

Ikke Sulimaida & Maulfi Syaiful Rizal. 2020. "Ritual Mendem Ari-Ari Sebagai Aktualisasi Nilai Religius Dan." Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV (April): 663-72.

Junaidi. 2013. NBER Working Papers Spiritualisasi Islam Cak Nur: Perspektif Historis Hermeneutik. Yogyakarta: Penerbit Jivaloka Mahacipta. http://www.nber.org/papers/w16019.

Jung, Carl Gustav. 2018. Manusia Dan Simbol-Simbol. Yogyakarta: Basabasi. https://books.google.co.id/books?id=I7y4DwAAQBAJ.

Khaeroni, Cahaya. 2020. "NURCHOLISH MADJID (1939-2005) (Gagasan-Gagasan Pembaruan Pemikiran Islam Kontemporer Di Indonesia)." At-Tajdid?: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 4(02): 185-86.

Lestari, Diana. 2017. "Iman Perspektif Nurcholish Madjid." Universitas Islam Neggeri (UIN) Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36631.

Madjid, Nurcholish. 2019. Islam: Doktrin Dan Peradaban. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=mbm0DwAAQBAJ.

---. 2023. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi Dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina.

Mainah, Muthoni et al. 2021. "Placenta Disposal Rituals Among Somali Refugees In Dadaab Camp." International Journal of Arts and Commerce 10(6): 68-69.

Masrur. 2022. Mosaik Ritus Tradisi Kabupaten Kutai Katanegara. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Maulinda, Rerin. 2022. "Makna Tradisi Larung Ari-Ari Pada Masyarakat Jawa?: Sebuah Analisis Fenomenologis Alfred Schutz." Prosiding Seminar Nasional Sasindo UNPAM 2(2): 245.

Miles, M B, A M Huberman, and J Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, Revista Brasileira de Linguística Aplicada. USA: SAGE Publications, Inc. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC.

Munawar-Rachman, B, M Z Haq, and M T Rahman. 2022. Pemikiran Islam Nurcholish Madjid. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://books.google.co.id/books?id=EuFxEAAAQBAJ.

Munawar-Rachman, Budhy. 2017. Reorientasi Pembaruan Islam, Sekularisme, Liberalisme Dan Pluralisme. Malang: Madani.

Muqit, Abd. 2021. "Tuhan Dalam Fitrah Manusia Dan Faktor-Faktor Yang Merubahnya: Kajian Tematik Ayat-Ayat Dan Hadis Ketauhidan God in Human Nature and the Factors That Change It: The Thematic Study of the Subject and the Hadith of Tauhid." Jurnal Yaqzhan 07(02). http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/yaqzhan/index.

Muslim, Bukhari. Resolusi Konflik Dalam Masyarakat Melalui Teori Perdamaian Perspektif Al-Qur`an. Publica Indonesia Utama. https://books.google.co.id/books?id=S_PoEAAAQBAJ.

Muzakir. 2018. Dukun Dan Bidang Dalam Perspektif Sosiologi. Makassar: CV. Sah Media.

Nata, Abuddin. 2015. Studi Islam Komprehensif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=ptYvDwAAQBAJ.

Nirwan, Imelda Oliva Wissang, Lukmanul Hakim, Rikardus Pande, Winarna, Ratna Susanti, Arozatulo Bawamenewi, Suvina, Inne Pelangi, Vinsensius Crispinus Lemba, Ivon Arisanti, Sukarismanti, Pratiwi SaktiNirwan, Imelda Oliva Wissang, Lukmanul Hakim, Rikardus, Pratiwi Sakti. 2023. Bahasa Dan Budaya. Bali: CV. Intelektual Manifes Media. https://books.google.co.id/books?id=8EHJEAAAQBAJ.

Oe, Fadare, Akpor Oa, Fadare Ri, and Adeyonu Ag. 2021. "Postpartum Placental Rituals: Perceptions of Midwives and Mothers in Selected Healthcare Centers, Southwestern Nigeria." Annals of the Romanian Society for Cell Biology 25(4): 4681-91. https://annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/3016.

Peirce, Charles Sanders. 1991. Peirce on Signs: Writings on Semiotic. USA: University of North Carolina Press. https://books.google.co.id/books?id=OgRazXzttrwC.

Pivovarova, Anna. 2014. "The 'Forgotten' Placenta: Symbolic Acts in Modern Home Birth Practice." Articles for Anthropology and Culture 2(10): 168.

Q.S Al-Imran ayat. 1989. Alquran Dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI, CV. Toha Putra Semarang.

Rahman, Taufik. 2023. "Gagasan Teologi Pembebasan Dalam Pemikiran Nurcholish Madjid." Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Riza Zahriyal Falah dan Irzum Farihah. 2015. "Pemikiran Teologi Hassan Hanafi." FIKRAH: Jurnal Ilmu Agama dan Studi Keagamaan 3(1): 211.

Rizkyawati, Andini dwi. 2023. "Tradisi Penguburan Ari-Ari Di Masyarakat Kampung Jujuluk Dan Kaitannya Dengan Interaksi Sosial Di Masa Kini." Jurnal HAK: Kajian Hukum Administrasi & Komunikasi 1(1): 37-42.

Rohmawati, Ari, Meiwatizal Trihastuti, Aris Suryaningsih, and Habib Ismail. 2021. "Potrait of Social Interaction among the Vilagers in the Perspective of George Herbet Mead's Symbolic Interactionalism Theory." International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 4(1): 41-49.

Sapitri Yuliani. 2020. Skripsi "Tradisi Menggunakan Jasa Pawang Hujan Ditinjau Dari Aqidah Islam." Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sinnott-Armstrong, W. 2008. Moral Psychology: The Evolution of Morality: Adaptations and Innateness. London: MIT Press. https://books.google.co.id/books?id=Mi4TDgAAQBAJ.

Siregar, Nina Siti Salmaniah. 2011. "Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik." Jurnal Ilmu Sosiall: Perspektif 4(2): 104.

Suhaili, Achmad. 2018. "Konsep Kepercayaan Diri Dalam Al-Qur'an Dan Implikasinya Terhadap Kehidupan Manusia." Al-bayan: jurnal ilmu al-qur'an dan hadits 5(1): 74-75. https://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/download/55/34.

Sulaeman, M. 2020. Teologi Islam, Sebuah Pengantar Memahami Konsep Dasar Teologi Klasik Hingga Kontemporer. Wisata Batu: CV Prabu Dua Satu. https://books.google.co.id/books?id=FIUOEAAAQBAJ.

Tine, Nurhayati. 2018. Tradisi Molonthalo: Meneropong Budaya Lokal Di Gorontalo. Gorontalo: Ideas Publishing.

Tullah, Rachmat, and Universitas Islam Negeri Ar-raniry. 2023. "Konsep Fitrah Dan Pengembangan Karakter Menurut Pendidikan Islam." Referensi Islamika: Jurnal Studi Islam 1(2): 79-88.

Turner, Richard West and Lynn H. 2021. Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw Hill LLC.

Zaini, Nur. 2017. "Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Krayahan Bayi (Studi Kasus: Dusun Bendungan Desa. Banjarejo, Kec. Kedungpring, Kab. Lamongan)." Cendekia:Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(01): 15-16. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/49.

Zulkarnain. 2023. Teologi Islam: Ilmu Tauhid. Sumatra Utara: CV. Prokreatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding of Postgraduate International Conference on Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Proceedings of the Postgraduate International Conference on Islamic Studies (PICIS)
Published by Postgraduate Program of State Islamic Institute of Kudus, Indonesia
Street Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +62291-432677
Website: https://pascasarjana.iainkudus.ac.id/
Email: pascasarjana@iainkudus.ac.id

E-ISSN : xxxx-xxxx

Creative Commons License
Proceeding of Postgraduate International Conference on Islamic Studies (PICIS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.