Buku Ajar Terintegrasi PjBL-STEAM Berorientasi Kurikulum Merdeka Berbantuan MathCityMap dan Geogebra pada Kebudayaan Jawa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Bayu Murti Suryonegoro, Adi Satrio Ardiansyah

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang pesat menuntut siswa untuk menguasai berbagai kemampuan tingkat tinggi. Salah kemampuan yang harus dikuasai adalah kemampuan berpikir kritis yang faktanya pada siswa masih sangat rendah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan inovasi buku ajar PjBL-STEAM dengan nuansa kebudayaan Jawa terintegrasi MathCityMap dan Geogebra yang berorientasi pada kurikulum merdeka. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kelayakan, keterbacaan, dan respon siswa terhadap produk buku ajar tersebut. Hasil pengembangan buku ajar divalidasi oleh tiga ahli dan tiga praktisi untuk peninjauan kelayakan buku ajar yang dikembangkan. Hasil validasi ahli pada penilaian kelayakan diperoleh presentase sebesar 87,02%, maka pengembangan buku ajar dengan kebutuhan siswa sangat layak. Uji respon siswa ditujukan kepada lima siswa kelas VII dan lima mahasiswa sebagai pengamat keterbacaan buku ajar. Hasil validasi keterbacaan menunjukkan presentase 91,50% maka pengembangan buku ajar mudah dipahami. Kemudian, nilai uji coba respon siswa adalah 97,00%, maka pengembangan buku ajar dengan kebutuhan siswa sangat baik. Dengan demikian, produk ini dinyatakan sebagai bahan ajar yang sangat layak untuk diimplementasikan di kelas.


Full Text:

PDF

References


Arif, D. S. F., Purnomo, D., & Sutrisno, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89-100.

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 65-74.

Ash-Showy, N. H., Ardiansyah, A. S., Niam, M. A., Sumarti, S., & Qomari, N. (2022). Pengembangan bahan ajar perbandingan terintegrasi challenge based learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 145-157.

Barbosa, A., & Vale, I. (2016). Math trails: Meaningful Mathematics Outside the Classroom with Pre-Service Teachers. Journal of the European Teacher Education Network, 11, 63-72.

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan buku ajar. In Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan buku ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Sulastri, S., & Cahyani, G. P. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372-379.

Utomo, A. P., Novenda, I. L., Budiarso, A. S., & Narulita, E. (2017). Development of learning material of biotechnology topic based on STEAM-LW approach for secondary school in coastal area.

Utomo, A. P., Hasanah, L., Hariyadi, S., Narulita, E., & Umamah, N. (2020). The Effectiveness of STEAM-Based Biotechnology Module Equipped with Flash Animation for Biology Learning in High School. International Journal of Instruction, 13(2), 463-476.

Wakhidah, N., & Laelasari, iseu. (2022). Observing Skills And Questioning Skills: Are They Correlated In The Learning Process? Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 5(2), 131–144.

Widarwati, D., & Utaminingsih, S. (2021). STEAM (Science, Technology, Egineering, Art, and Mathematic) Based Module for Building Student Soft Skill. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.