Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika ditinjau dari Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik

Nela Dwi Kusumawati, Arghob Khofya Haqiqi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika semester genap ditinjau dari pendekatan saintifik; 2) untuk menganalisis buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika semester genap ditinjau dari penilaian autentik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, uraian rinci, dan audit kebergantungan serta kepastian. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena dampak penggunaan buku teks siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu, kajian terhadap kesesuaian buku teks siswa terhadap pendekatan saintifik dan penilaian autentik dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika sudah disajikan sesuai dengan pendekatan saintifik yang meliputi aspek mengamati, menanya, mencoba, mengolah data, dan mengkomunikasikan. (2) buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika sudah disajikan sesuai dengan penilaian autentik yang meliputi penilaian untuk ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, Mohamad Fakhri., dan Haridito Ivo. (2016). Tingkat Kepuasan Members

Fitness terhadap Pelayanan di Tempat Kebugaran Balai Kesehatan Olahraga dan

Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (Bkor-Pippm) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 6 (2). Diunduh dari

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/7/article/view/17793.

Agustina, Degi Alrinda., dan Mustadi, Ali. (2016). Analisis Buku Teks Tematik Integratif

berbasis Scientific Approach dan Authentic Approach. Jurnal Penelitian Ilmu

Pendidikan, 9 (1): 1. Diunduh dari

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/10689/0.

Alquran. (2011). Alquran Dan Terjemahnya. Bandung: Nur Publishing.

Anggoro, Dendy Setyo., Sulasteri, Sri., dan Sriyanti, A. (2022). High School Mathematics

Book Analysis Reviewed from the Scientific Approach to the 2013 Curriculum.

Alauddin Journal of Mathematics Education, 4 (1). Diunduh dari

https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.28443.

Aslan., dan Wahyudin. 2020. Kurikulum Dalam Tantangan Perubahan. Medan: Bookies

Indonesia.

Haqiqi, Arghob Khofya. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan

Alam. Journal of Natural Science and Integration, 2 (1). Diunduh dari

http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110.

Arifai, Ahmad. (2017). Optimalisasi Penerapan Kurikulum 2013. Raudhah Proud To Be

Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2 (1). Diunduh dari

https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/13.

Aryani, Menik., Rohiyatun, Baiq., dan Azmi, Fathul. (2018). Hubungan Kepala Sekolah

sebagai Administrator dengan Kinerja Staf TU di MTS se-Kecamatan Praya

Timur. Jurnal Realita, 3 (5). Diunduh dari https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/2106.

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Banten: An1mage.

https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_PENDIDIKAN_ERA_G

LOBALISASI/mICSDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengantar+pendidikan+er

a+globalisasi&pg=PA1&printsec=frontcover.

Elisa., Intan, Novia., dan Nulis, Tim Jago. (2019). Cerdas Menulis Buku Referensi.

Yogyakarta: Deepublish.

Fajri, Ihsanul. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan

di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 8 (9). Diunduh dari

https://media.neliti.com/media/publications/210331-analisis-permasalahan-guruterkait-peran.pdf.

Firyadani, Farras Astri. (2020). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX

SMP ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik.

Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitri, Ainul., Rusdi., Siagian, Teddy Alfra., dan Agustinsa, Siagian. (2022). Analisis Buku

Teks Matematika Kelas VII Semester II Penerbit Kemendikbud berdasarkan

Pendekatan Saintifik Tahap Mengamati. Jurnal Penelitian Pembelajaran

Matematika Sekolah (JP2MS), 6 (1). Diunduh dari

https://doi.org/10.33369/jp2ms.vi.i.108-118.

Hadi, Syamsul., dan Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International

Mathematics and Science Study), Seminar Nasional and Call for Paper, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 19

Januari 2019.

Hajaroh, Siti., dan Adawiyah, Raudiatul. (2018). Kesulitan Guru dalam

Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10 (2).

Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/266979185.pdf.

Hakim, Lutfi. (2019). Analisis Kurikulum 2013 Dalam Membantu Peningkatan Kecerdasan

Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19 (1). Diunduh dari

http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3636.

Haryono, Didi. (2014). Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.

Ikhsan, Komara Nur., dan Hadi, Supian. (2018). Implementasi dan Pengembangan

Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 6 (1).

Diunduh dari http://dx.doi.org/10.25157/je.v6i1.1682.

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Lestari, Endang Titik. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta:

Deepublish.

https://www.google.co.id/books/edition/Pendekatan_Saintifik_Di_Sekolah_Dasar/

wGL2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+saintifik+di+sekolah+dasar

&printsec=frontcover.

Lestari, Rini. (2017). Analisis Isi Buku Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester Ganjil

berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Skripsi, Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

M. Jumarin. (2017). Pengembangan Kecerdasan melalui Fungsionalisasi Sistem

Pendidikan. AKADEMIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16 (1) : 75 -80.

Maasz, Juergen. (2005). A New View of Mathematics Will Help Mathematics Teachers.

Adults Learning Mathematics, 1 (1). Diunduh dari

http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1055422&si

te=ehost-live&authtype=ip,uid.

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maslakhatunni'mah, Dewi., dan Agnafia, Desi Nuzul. (2021). Analisis Buku Ajar Siswa

SMP pada Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan berdasarkan Pendekatan

Saintifik. Lokakarya dan Seminar IPA (LASER), Ngawi.

Moneta, Ayu Siska., B, Nurul Astuty Yensy., dan Susanto, Edi. (2020). Analisis Buku Teks

Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 berdasarkan

Standar BSNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4

(3). Diunduh dari https://doi.org/1033369/jp2ms.4.3.327-339.

Muhammedi. (2014). Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya

Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Raudhah IV, 1. Diunduh

dari https://core.ac.uk/download/267075565.pdf.

Mukodi. (2019). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan dan Faktor-faktor Pendidikan dalam

Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1 (10). Diunduh dari

http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/20.

Murnasih. (2022). Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 dan Perkembangannya

menuju Profil Pelajar Pancasila. Primer Edukasi Journal, 1 (2). Diunduh dari

https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.96.

Murniati, Sri., Roza, Yenita., dan Maimunah. (2021). Analisis Kesesuaian Materi

Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2). Diunduh dari

http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.

Nisa, Lulu Choirun. (2013). Kesesuaian Buku Teks Kurikulum 2013 untuk Siswa dengan

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Phenomenon: Jurnal

Pendidikan MIPA, 3 (2). Diunduh dari

http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/137.

Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah, 8 (2).

Diunduh dari

https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/download/84/67/.

Nurcholiq, Mochamad. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah.

Depok: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=K8NoDwAAQBAJ.

Novianto, Anwar., dan Mustadi, Ali. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik

Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal

Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45 (1). Diunduh dari

https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7181.

Parwati, Sang Ayu Putu Eny. (2020). Kelayakan Buku Pelajaran Muatan Lokal bagi Siswa

Kelas Atas (IV—VI) di SD Negeri Denpasar. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu

Kebahasaan dan Kesastraan, 18 (1). Diunduh pada

https://doi.org/10.26499/mm.v18i1.2443.

Prasbowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Pembelajaran_Tematik_Terpadu

/jeCxDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+pembelajaran+tematik+terpadu

&printsec=frontcover.

Permendikbud RI, “35 Tahun 2018, Implementasi Kurikulum,” 27 Juni 2013.

Permendikbud RI, “66 Tahun 2013, Standar Penilaian Pendidikan,” 04 Juni 2013.

Permendikbud RI, "81A 2013, Implementasi Kurikulum," 27 Juni 2013.

Rahayu, Tri. (2020). Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA

Kurikulum 2013 dengan menggunakan Teknik Fog Indeks Tahun Pembelajaran

/2020. Skripsi, Universitas Negeri Medan.

Ramda, Apolonia Hendrice. (2017). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud

Matematika Kelas VII Dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal

Pendidikan Matematika, 12 (1). Diunduh dari

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/14057.

Resi, Bernadus Bin Frans. (2021). Desain Lintasan Belajar Matematika Realistik. Solok:

Insan Cendekia Mandiri.

https://www.google.co.id/books/edition/Desain_Lintasan_Belajar_Matematika_R

eali/dQhNEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Matematika+berisi+kajiankajian+logis+tentang+susunan,+bentuk,+besaran,+serta+konsepkonsep+yang+berkaitan&pg=PA3&printsec=frontcover.

Riza, Armilia., Afriyanti, Rika., dan Melvina. (2022). Sosialisasi Hasil Penelitian dan

Sharing tentang Cara Menentukan Tingkat Keterbacaan Sebuah Teks. Jurnal

Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (1). Diunduh dari http://jurnaladaikepri.or.id/index.php/JUPADAI/article/view/20/20.

Safitri, Meilani., Aziz, M. Ridwan., Wangge, Maria Carmelita Tali., Jalal, Novita

Maulidya., Louk, Michael Johannes Hadiwijaya., Heryanto., Budiana, Irwan., Ratnaningsih, Paskalina Widiastuti., Tambunan, Hardi., dan Damopolii, Insar.

(2021). Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

https://books.google.co.id/books?id=CSg0EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl

=id#v=onepage&q&f=false.

Saputro, Duwi., Sabardila, Atiqa., Prayitno, Harun Joko., dan Markhamah. (2021). Integrasi

Keterampilan Berpikir Kritis dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

berperspektif HOTS. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan

Pengajarannya, 4 (3). Diunduh dari

https://www.researchgate.net/publication/354204631.

Septantiningtyas, Niken., Shofiatun., Madanibillah, Ahmad., dan Rahman, Abd. (2021).

Pembelajaran Sains. Klaten: Lakeisha.

https://www.google.co.id/books/edition/PEMBELAJARAN_SAINS/QcITEAAA

QBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+sains+niken&pg=PR3&printsec=frontc

over.

Septiany, Kintan Ayu., Sumardi, Hari., dan B, Nurul Astuty Yensi. (2021). Analisis Buku

Teks Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan Pendekatan

Saintifik. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (1).

Diunduh dari https://doi.org/10.47662/farabi.v4i.70.

Sidiq, Umar., dan Choiri, Moh. Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang

Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhendra, Ade. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 1 (1). Diunduh dari http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/article/view/3724.

Undang-undang RI, “20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional,” 08 Juli 2003.

Wahyudin. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum

Jurnal Kependidikan, 6 (2). Diunduh dari

https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932.

Wardhani, Feona Pramoda., Fiamanillah., Islamiyah, Hanifa Yuti., Ilya, Pajriansyah., dan

Mukhlis, Muhammad. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa

Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Sastra, Bahasa, dan

Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1. Diunduh dari

https://doi.org/10.25299/s.v1i1.8828


Refbacks

  • There are currently no refbacks.