Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika ditinjau dari Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, Mohamad Fakhri., dan Haridito Ivo. (2016). Tingkat Kepuasan Members
Fitness terhadap Pelayanan di Tempat Kebugaran Balai Kesehatan Olahraga dan
Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (Bkor-Pippm) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 6 (2). Diunduh dari
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/7/article/view/17793.
Agustina, Degi Alrinda., dan Mustadi, Ali. (2016). Analisis Buku Teks Tematik Integratif
berbasis Scientific Approach dan Authentic Approach. Jurnal Penelitian Ilmu
Pendidikan, 9 (1): 1. Diunduh dari
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/10689/0.
Alquran. (2011). Alquran Dan Terjemahnya. Bandung: Nur Publishing.
Anggoro, Dendy Setyo., Sulasteri, Sri., dan Sriyanti, A. (2022). High School Mathematics
Book Analysis Reviewed from the Scientific Approach to the 2013 Curriculum.
Alauddin Journal of Mathematics Education, 4 (1). Diunduh dari
https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.28443.
Aslan., dan Wahyudin. 2020. Kurikulum Dalam Tantangan Perubahan. Medan: Bookies
Indonesia.
Haqiqi, Arghob Khofya. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam. Journal of Natural Science and Integration, 2 (1). Diunduh dari
http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110.
Arifai, Ahmad. (2017). Optimalisasi Penerapan Kurikulum 2013. Raudhah Proud To Be
Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2 (1). Diunduh dari
https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/13.
Aryani, Menik., Rohiyatun, Baiq., dan Azmi, Fathul. (2018). Hubungan Kepala Sekolah
sebagai Administrator dengan Kinerja Staf TU di MTS se-Kecamatan Praya
Timur. Jurnal Realita, 3 (5). Diunduh dari https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/2106.
Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Banten: An1mage.
https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_PENDIDIKAN_ERA_G
LOBALISASI/mICSDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengantar+pendidikan+er
a+globalisasi&pg=PA1&printsec=frontcover.
Elisa., Intan, Novia., dan Nulis, Tim Jago. (2019). Cerdas Menulis Buku Referensi.
Yogyakarta: Deepublish.
Fajri, Ihsanul. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan
di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 8 (9). Diunduh dari
https://media.neliti.com/media/publications/210331-analisis-permasalahan-guruterkait-peran.pdf.
Firyadani, Farras Astri. (2020). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX
SMP ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik.
Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fitri, Ainul., Rusdi., Siagian, Teddy Alfra., dan Agustinsa, Siagian. (2022). Analisis Buku
Teks Matematika Kelas VII Semester II Penerbit Kemendikbud berdasarkan
Pendekatan Saintifik Tahap Mengamati. Jurnal Penelitian Pembelajaran
Matematika Sekolah (JP2MS), 6 (1). Diunduh dari
https://doi.org/10.33369/jp2ms.vi.i.108-118.
Hadi, Syamsul., dan Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International
Mathematics and Science Study), Seminar Nasional and Call for Paper, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 19
Januari 2019.
Hajaroh, Siti., dan Adawiyah, Raudiatul. (2018). Kesulitan Guru dalam
Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10 (2).
Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/266979185.pdf.
Hakim, Lutfi. (2019). Analisis Kurikulum 2013 Dalam Membantu Peningkatan Kecerdasan
Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19 (1). Diunduh dari
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3636.
Haryono, Didi. (2014). Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.
Ikhsan, Komara Nur., dan Hadi, Supian. (2018). Implementasi dan Pengembangan
Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 6 (1).
Diunduh dari http://dx.doi.org/10.25157/je.v6i1.1682.
Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.
Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815
Lestari, Endang Titik. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta:
Deepublish.
https://www.google.co.id/books/edition/Pendekatan_Saintifik_Di_Sekolah_Dasar/
wGL2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+saintifik+di+sekolah+dasar
&printsec=frontcover.
Lestari, Rini. (2017). Analisis Isi Buku Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester Ganjil
berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Skripsi, Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
M. Jumarin. (2017). Pengembangan Kecerdasan melalui Fungsionalisasi Sistem
Pendidikan. AKADEMIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16 (1) : 75 -80.
Maasz, Juergen. (2005). A New View of Mathematics Will Help Mathematics Teachers.
Adults Learning Mathematics, 1 (1). Diunduh dari
http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1055422&si
te=ehost-live&authtype=ip,uid.
Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maslakhatunni'mah, Dewi., dan Agnafia, Desi Nuzul. (2021). Analisis Buku Ajar Siswa
SMP pada Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan berdasarkan Pendekatan
Saintifik. Lokakarya dan Seminar IPA (LASER), Ngawi.
Moneta, Ayu Siska., B, Nurul Astuty Yensy., dan Susanto, Edi. (2020). Analisis Buku Teks
Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 berdasarkan
Standar BSNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4
(3). Diunduh dari https://doi.org/1033369/jp2ms.4.3.327-339.
Muhammedi. (2014). Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya
Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Raudhah IV, 1. Diunduh
dari https://core.ac.uk/download/267075565.pdf.
Mukodi. (2019). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan dan Faktor-faktor Pendidikan dalam
Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1 (10). Diunduh dari
http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/20.
Murnasih. (2022). Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 dan Perkembangannya
menuju Profil Pelajar Pancasila. Primer Edukasi Journal, 1 (2). Diunduh dari
https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.96.
Murniati, Sri., Roza, Yenita., dan Maimunah. (2021). Analisis Kesesuaian Materi
Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2). Diunduh dari
http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.
Nisa, Lulu Choirun. (2013). Kesesuaian Buku Teks Kurikulum 2013 untuk Siswa dengan
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Phenomenon: Jurnal
Pendidikan MIPA, 3 (2). Diunduh dari
http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/137.
Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah, 8 (2).
Diunduh dari
https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/download/84/67/.
Nurcholiq, Mochamad. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah.
Depok: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=K8NoDwAAQBAJ.
Novianto, Anwar., dan Mustadi, Ali. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik
Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal
Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45 (1). Diunduh dari
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7181.
Parwati, Sang Ayu Putu Eny. (2020). Kelayakan Buku Pelajaran Muatan Lokal bagi Siswa
Kelas Atas (IV—VI) di SD Negeri Denpasar. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu
Kebahasaan dan Kesastraan, 18 (1). Diunduh pada
https://doi.org/10.26499/mm.v18i1.2443.
Prasbowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Pembelajaran_Tematik_Terpadu
/jeCxDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+pembelajaran+tematik+terpadu
&printsec=frontcover.
Permendikbud RI, “35 Tahun 2018, Implementasi Kurikulum,” 27 Juni 2013.
Permendikbud RI, “66 Tahun 2013, Standar Penilaian Pendidikan,” 04 Juni 2013.
Permendikbud RI, "81A 2013, Implementasi Kurikulum," 27 Juni 2013.
Rahayu, Tri. (2020). Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA
Kurikulum 2013 dengan menggunakan Teknik Fog Indeks Tahun Pembelajaran
/2020. Skripsi, Universitas Negeri Medan.
Ramda, Apolonia Hendrice. (2017). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud
Matematika Kelas VII Dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal
Pendidikan Matematika, 12 (1). Diunduh dari
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/14057.
Resi, Bernadus Bin Frans. (2021). Desain Lintasan Belajar Matematika Realistik. Solok:
Insan Cendekia Mandiri.
https://www.google.co.id/books/edition/Desain_Lintasan_Belajar_Matematika_R
eali/dQhNEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Matematika+berisi+kajiankajian+logis+tentang+susunan,+bentuk,+besaran,+serta+konsepkonsep+yang+berkaitan&pg=PA3&printsec=frontcover.
Riza, Armilia., Afriyanti, Rika., dan Melvina. (2022). Sosialisasi Hasil Penelitian dan
Sharing tentang Cara Menentukan Tingkat Keterbacaan Sebuah Teks. Jurnal
Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (1). Diunduh dari http://jurnaladaikepri.or.id/index.php/JUPADAI/article/view/20/20.
Safitri, Meilani., Aziz, M. Ridwan., Wangge, Maria Carmelita Tali., Jalal, Novita
Maulidya., Louk, Michael Johannes Hadiwijaya., Heryanto., Budiana, Irwan., Ratnaningsih, Paskalina Widiastuti., Tambunan, Hardi., dan Damopolii, Insar.
(2021). Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
https://books.google.co.id/books?id=CSg0EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl
=id#v=onepage&q&f=false.
Saputro, Duwi., Sabardila, Atiqa., Prayitno, Harun Joko., dan Markhamah. (2021). Integrasi
Keterampilan Berpikir Kritis dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
berperspektif HOTS. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan
Pengajarannya, 4 (3). Diunduh dari
https://www.researchgate.net/publication/354204631.
Septantiningtyas, Niken., Shofiatun., Madanibillah, Ahmad., dan Rahman, Abd. (2021).
Pembelajaran Sains. Klaten: Lakeisha.
https://www.google.co.id/books/edition/PEMBELAJARAN_SAINS/QcITEAAA
QBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+sains+niken&pg=PR3&printsec=frontc
over.
Septiany, Kintan Ayu., Sumardi, Hari., dan B, Nurul Astuty Yensi. (2021). Analisis Buku
Teks Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan Pendekatan
Saintifik. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (1).
Diunduh dari https://doi.org/10.47662/farabi.v4i.70.
Sidiq, Umar., dan Choiri, Moh. Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang
Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhendra, Ade. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 1 (1). Diunduh dari http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/article/view/3724.
Undang-undang RI, “20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional,” 08 Juli 2003.
Wahyudin. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum
Jurnal Kependidikan, 6 (2). Diunduh dari
https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932.
Wardhani, Feona Pramoda., Fiamanillah., Islamiyah, Hanifa Yuti., Ilya, Pajriansyah., dan
Mukhlis, Muhammad. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa
Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Sastra, Bahasa, dan
Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1. Diunduh dari
https://doi.org/10.25299/s.v1i1.8828
Refbacks
- There are currently no refbacks.