Pengembangan Komik Digital Literasi Sains Bermuatan Nilai Keislaman pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Ristiani Ristiani, Hanik Malichatin

Abstract


Literasi sains sangat penting bagi masa depan peserta didik yang harus dikembangkan dan dilatihkan salah satunya dalam proses pembelajaran sains. Pemilihan strategi, pendekatan, metode, dan media pembelajaran yang tepat diharapkan mampu mengoptimalkan literasi sains peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan suatu media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran IPA salah satunya yaitu komik digital. Pengembangan media pembelajaran IPA juga harus dapat memperkuat karakter religius peserta didik supaya peserta didik tidak hanya pandai dalam memecahkan persoalan ilmiah tetapi juga memiliki sikap keagamaan dan moral yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan komik digital literasi sains yang bermuatan nilai keislaman pada topik klasifikasi materi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan (define, desaign, development, disseminate). Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi ahli serta respon peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan kriteria “sangat layak” dengan rata-rata persentase sebesar 95% dari ahli media, sebesar 90% dari ahli materi, dan 100% dari ahli integrasi nilai Islam. Berdasarkan hasil respon peserta didik dan guru menunjukkan kriteria “sangat praktis” dengan rata-rata persentase sebesar 84,5%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik digital literasi sains sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Adek Saputri. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Tambusai. Jurnal Penelitian Program Studi Pendidikan Fisika, 1–8.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa ditinjau dari Gender Implementation Project-Based Learning Integrated STEM to Improve Scientific Literacy Based on Gender. 2(2), 202–212.

Apriani, H., Rizkiana, F., & Khairunnisa, Y. (2020). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Zat dan Karakteristiknya” Development of Junior High School Science Student Worksheet Based Guided Inquiry on Matter and Its Characteristic Materials. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 135–148.

Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Antalogi UPI, 1–17.

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77

Fitriyah, L. A., & Wardana, H. K. (2020). Textbook on Material Classification and its Change Based on STEM Approach. Atlantis Press (Advances in Social Science, Education and Humanities Research), 397(Icliqe 2019), 988–998.

Handayani, T., Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 22–29. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index doi: http://dx.doi.org/10.33369/....

Khotimah, H., Suhirman, & Rehanah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreatifitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Gerung Tahun 2018/2019. Spin Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26.

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Lelyani, A. A., & Erman. (2021). Kajian Unsur-unsur Komik dan Sains dalam Buku Komik Edukasi di Indonesia sebagai Alternatif Bahan Ajar. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 139–146. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index%0AVol. Mandasari, A., Natalina, M., & Nursal. (2021).

Pengembangan Media Komik pada Materi Keanekaragaman Hayati bagi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Biogenesis, 17(2), 94–100. OECD. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. OECD, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018- results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805- en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Pinatih, S. A. C., & Putra, S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053–1062.

Raneza, F., Widowati, H., & Santoso, H. (2022). Pengembangan Komik Digital dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi (The Development of Digital Comics by Integrating Islamic Values as Biology Learning Media in the Main Material of Biology) . Bioedusiana (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 60–79.

Sakti, I., Nirwana, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA.

Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.