Pengembangan Komik Digital Literasi Sains Bermuatan Nilai Keislaman pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adek Saputri. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Tambusai. Jurnal Penelitian Program Studi Pendidikan Fisika, 1–8.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa ditinjau dari Gender Implementation Project-Based Learning Integrated STEM to Improve Scientific Literacy Based on Gender. 2(2), 202–212.
Apriani, H., Rizkiana, F., & Khairunnisa, Y. (2020). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Zat dan Karakteristiknya” Development of Junior High School Science Student Worksheet Based Guided Inquiry on Matter and Its Characteristic Materials. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 135–148.
Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Antalogi UPI, 1–17.
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
Fitriyah, L. A., & Wardana, H. K. (2020). Textbook on Material Classification and its Change Based on STEM Approach. Atlantis Press (Advances in Social Science, Education and Humanities Research), 397(Icliqe 2019), 988–998.
Handayani, T., Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 22–29. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index doi: http://dx.doi.org/10.33369/....
Khotimah, H., Suhirman, & Rehanah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreatifitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Gerung Tahun 2018/2019. Spin Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26.
Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.
Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.
Lelyani, A. A., & Erman. (2021). Kajian Unsur-unsur Komik dan Sains dalam Buku Komik Edukasi di Indonesia sebagai Alternatif Bahan Ajar. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 139–146. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index%0AVol. Mandasari, A., Natalina, M., & Nursal. (2021).
Pengembangan Media Komik pada Materi Keanekaragaman Hayati bagi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Biogenesis, 17(2), 94–100. OECD. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. OECD, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018- results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805- en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Pinatih, S. A. C., & Putra, S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053–1062.
Raneza, F., Widowati, H., & Santoso, H. (2022). Pengembangan Komik Digital dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi (The Development of Digital Comics by Integrating Islamic Values as Biology Learning Media in the Main Material of Biology) . Bioedusiana (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 60–79.
Sakti, I., Nirwana, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA.
Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai
Refbacks
- There are currently no refbacks.