Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet berbasis Nilai Keislaman pada Materi Animalia di Kelas X SMA/MA

Nicho Alfarid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui proses pengembangan media pembelajaran e- booklet berbasis nilai keislaman pada materi animalia (2)mengetahui kelayakan media pembelajaran e-booklet berbasis nilai keislaman pada materi animalia. Penelitian ini menggunakan model R&D (Research and Developmen) oleh Sugiyono (10 langkah) yang modifikasi menjadi 7 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, ujicoba produk, dan revisi produk. Berdasarkan need assessment didapatkan hasil bahwa pesatnya dunia teknologi, terbatasnya media dan suber belajar, sulitnya materi animalia, serta maraknya kasus kenakalan remaja menjadikan penting bagi peneliti untuk mengembangkan produk ini. E-booklet didesain menggunakan aplikasi Canva dan Hyzine flipbook. Tahap selanjutnya produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media mendapatkan skor 95,8 % dan 83,3 % dengan kategori “Sangat valid”. Setelah divalidasi oleh ahli produk mendapatkan saran dan masukan sebagai acuan untuk merevisinya. Kemudian produk di uji cobakan di MA NU Ma’arif Kudus dengan subyek guru biologi dan 28 siswa yang mana mendapatkan skor 84,82 % dengan kategori “Sangat Layak”.

Kata Kunci: E-Booklet, nilai keislaman, animalia


Full Text:

PDF

References


C, Pinasthika, Haryono, T., & Pratiwi, M. S. (2013). Aktifitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan LKS Berbasis WEB Materi Kingdom Animalia. Jurnal BioEdu, vol. 2, no. 3. Diunduh dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.

Dayanti, Tri, dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Ekskresi Di SMA Berbentuk E-Booklet Berbasis Android. JUPENJI, Vol.1 No.2. Diunduh dari https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji/article/view/256.

E, Ristinawati. (2020). Pengaruh Model Meaningful Instructional Design ( MID ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Animalia Influence of The Meaningful Instructional Design ( MID ) Model on Students ’ Learning Outcomes in Animalia Material”. Jurnal Metaedukasi, vol 2, no. 1. Diunduh dari https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i1.1806.

Esti Aryani, Triwanto. (2021). Penyuluhan Hukum Tentang Kenakalan Remaja Dan Penanganannya, Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. vol. 4, no 3. Diunduh dari https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/4384

Fitriani, Linna dan Yuni Krisnawati. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis.” BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 2, No. 2. Diunduh dari https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977.

Huda, Muchlish. (2019). Kenakalan Remaja Dalam Perspektif Pendidikan Islam. al-Afkar, Journal for Islamic Studies. vol. 2, no. 1. Diunduh dari DOI 10.5281/zenodo.3554133

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018”.

Diunduh dari

Https://Jdih.Kemdikbud.Go.Id/Arsip/Permendikbud%20Nomor%2036%20Tahun% 20201 8.Pdf.

Laelasari, I. (2021). Analysis of the Implementation of Technology-based Outdoor Learning Model in Science Subject ( Plant Diversity ) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Outdoor Learning Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran IPA ( Keragaman Tumbuhan ). 7(1), 14–25. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.2308

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Muhajar, A’an. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X. Jurnal Bioedu, vol.9, no. 1. Diunduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36753

Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo, vol. 8 no. 2. Diunduh darihttp://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Puspita, A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak, Jurnal Bioeducation, vol. 4, no. 1. Diunduh dari https://repository.unmuhpnk.ac.id/543/

Rahmah, Nujul. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Tumbuhan Paku(Pteridophyta) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri I Kluet Tengah Banda Aceh. Skripsi, UIN Ar Raniry Aceh. Diunduh dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19426/

Sari, Citra Pratama. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 7, no 32. Diunduh dari https://eprints.uny.ac.id/57375/.

Setiawan, Hendra dan Hilda Aqua Kusuma Wardani. (2018). Pengembangan Media E- Booklet Pada Materi Keanekaragaman Jenis Nepenthes. Journal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 2. Diunduh dari http://jurnal.unka.ac.id/index.php/fkip/article/view/176

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Tinambunan, Roy Fikri dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”, Jurnal TIK dalam Pendidikan, Vol. 6 No. 2. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/339030556_PENGEMBANGAN_MEDI A_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF_BERBASIS_MASALAH_PADA_MATA_ PELAJARAN_PENDIDIKAN_KEW ARGANEGARAAN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.