Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus

Nabila Inayah Rachmatika, Achmad Ali Fikri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi digital mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus semester 6 angkatan 2020 sebanyak 60 mahasiswa. Sample yang diambil sebanyak 25 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner Google Form. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner kemampuan literasi digital dengan skala likert 1 – 5. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa functional skill and beyond, communication, the ability to find and select information, dan E-safety berada di kategori sangat baik. Sedangkan creativity, collaboration, critical thinking and evaluation, cultural and social understanding berada di kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa tingkat kemampuan literasi digital mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus berada di kategori sangat baik. Harapannya penelitian ini dapat memaparkan taraf kemampuan literasi digital mahasiswa.

Kata kunci: Kemampuan literasi digital, mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Antika, R. N., & Marpaung, R. R. T. (2023). Profil Literasi Sains dan Literasi Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 59-68.

APJI. (2023). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diunduh dari https://survei.apjii.or.id/

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119.

Fadella, C., & Fikri, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus Tahun 2019/2020. Journal Of Biology Education, 4(1), 94-108.

Hague, C., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum Leadership, 9(10).

IMD. (2022). World Digital Competitiveness Ranking. Diunduh dari https://www-imd- org.translate.goog/centers/wcc/world-competitiveness-center/rankings/world-digital- competitiveness-ranking/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Kominfo.go.id. (2023). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. Diunduh dari http://web.kominfo.go.id/sites/default/files/ReportSurveiStatusLiterasiDigitalIndones ia2022.pdf

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Pangestu, M. A. A., & Christin, M. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Program Indonesia Makin Cakap Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Meningkatkan Literasi Digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3272-3280.

Riduwan dan Sunarto. 2012. Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendiikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sari, I. W. (2023, April). Implementasi Litersi Digital Pada Era Kurikulum Merdeka. In SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT (Vol. 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.