Pengaruh Penggunaan PBL Berbantuan Media Interaktif PowerPoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta didik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Nida ‘Ilmi Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dengan bantuan media interaktif powerpoint terhadap tingkat minat belajar, (2) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dengan bantuan media interaktif powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dimana penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol (VII F) dan kelas eksperimen (VII E) dengan jumlah peserta didik 32 orang pada masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket respon, lembar observasi dan soal. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan penilaian pretest serta posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, hasil dari angket respon menunjukkan bahwa 8 dari 32 peserta didik orang memiliki minat belajar IPA yang sangat tinggi, 10 orang memiliki minat belajar IPA yang tinggi dan 14 lainnya cukup memiliki minat untuk belajar IPA. Hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,001 yang mana nilainya < 0,05, dengan persamaan regresi yaitu Y = 85,938 + 5,625X, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif power point berpengaruh pada hasil belajar peserta didik

Full Text:

PDF

References


Amirullah, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil

Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi (Kuasi Eksperimen di SMAN 87 Jakarta).

Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas

Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik dan Prosedur. Jakarta: Rosdakarya.

Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Izza, Fika Rofiuddin dkk. 2018. Pengembangan Kunci Determinasi Tumbuhan Hasil Eksplorasi

Hutan Wisata Guci Kabupaten Tegal Untuk Sekolah Menengah Atas. Indonesian

Journal of Conservation. Vol. 7, No. 2.

Istiqlal, M. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal

Pendidikan Matematika, 2 (1).

Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Nafiah, Y. N. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1).

Ni’mah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Model Means-Ends Analysis (MEA) di SDN Sumbermulyo 01 Pati. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 93–108. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Sari, L. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas VII SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (4)

Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teguh, S. 2017. Klasifikasi Makhluk Hidup. Yogyakarta: Azka Pressindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.