Pengaruh Media Sosial Seorang Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui E-Commerce
Abstract
Teknologi yang terus meningkat dan pesat berdampak besar bagi kehidupan sehari-hari, termasuk pada proses pemasaran online salah satunya menggunakan media sosial influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penyampaian influencer di media sosial yang menarik perhatian calon pembeli dan untuk mengetahui pengaruh media sosial seorang influencer dalam meningkatkan penjualan melalui e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode wawancara kualitatif yang mengidentifikasi tentang pengaruh media sosial seorang influencer dalam meningkatkan penjualan melalui e-commerce. Untuk menguji penelitian ini menggunakan dua studi yaitu dengan metodologi pendekatan melalui studi literatur dan tinjau pustaka dari analisis jurnal para peneliti sebelumnya. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh seorang influencer dalam memberikan informasi terhadap sebuah produk mampu mencapai tujuan akhir yang ingin dicapai adalah dengan meningkatkan penjualan. Kemudahan akses informasi menyebabkan konsumen menginginkan informasi suatu produk secara transparan, dimana konsumen mampu mengidentifikasi suatu brand yang dapat dipercaya sehingga menimbulkan ketertarikan maupun niat beli. Tidak sekedar meningkatkan penjualan tetapi, dapat menampilkan citra atau brand image produk yang baik maupun citra perusahaan yang baik kepada konsumen. Influencer berperan sebagai pembeli atau pengguna suatu brand yang mampu mempresentasikan tentang hal-hal yang sesuai fakta dari produk tersebut sehingga meningkatkan tingkat penjualan dari brand produk tersebut. Dengan menggunakan seorang influencer dapat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sehingga meningkatkan penjualan melalui e-commerce terbukti dan teruji secara empiris untuk strategi pemasaran digital yang sukses. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan influencer sangat cocok diimplementasikan untuk meningkatkan citra atau brand image secara efektif dan dapat signifikan meninngkatkan penjualan melalui e-commerce.
References
Adha, Shultonnyck; Fahlevi, Mochammad; Rabiah, Arbi Siti;. “Pengaruh Sosial Media Influencer Terhadap Pengaruh Minat Kerja Antar Brand.” Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2020: Vol.1(127).
Ajis, Tika Melany; Ekowati, Sri;. “Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Social Influencer terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” Manajemen Modal Insani dan Bisnis, 2020: 220.
Bennett, Shea;. “28% of Time Spent Online is Social Networking.” Marketing, 2015: 2.
Booth, N; Matic;. “Mapping and Leveraging Influencers in Social Media to Shape Corporate Brand Perceptions.” Corporate Communications : An International Journal, 2011: 184-191.
Buyer, Lisa;. “PR Under the Influence: Why Influencer Marketing is All the Buzz.” Social PR, 2016: 9.
Freberg, K;. “Who are the Social Media Influencers? A Study of Public Perceptions of Personality.” Public Relations Review, 2010: 78.
Girsang, Chyntia Novi;. “Pemanfaat Micro-Influencer pada media sosial sebagai strategi public relations di Era Digital.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 2020: Vol.12 No. 2 (210).
Glucksman, Morgan;. “The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding: A Case Study of Lucie Fink.” Strategic Communications Elon University, 2017: 77.
Kirtis, A Kazim; Karahan, Filis;. “To Be or Not to Be in Social Media Arena as the Most Cost-Efficient Marketing Strategy after the Global Recession.” Social adn Behaviour Sciences, 2011: 127.
Kotler, Philip; Hermawan, Kartajaya; Setiawan, Iwan;. “Marketing 4.0: Moving From Traditional to Digital.” Simultaneously in Canada, 2017: 137.
Lengkawati, Arti Sukma;. “Pengaruh Influencer marketing terhadap keputusan pembelian (Studi pada Elzata Hijab Garut).” Prismakom, 2021: Vol. 18 No.1.
Marina, Jesica; Yuliana, Fitria; Puspitasari, Putri;. “The Influence of Influencer on A Brand Promoted Through Social Media (Instagram).” Economics & Business, 2020: 1.
Maulana, Irfan; Salsabila, Ossya;. “Pengaruh Social Media Influencer terhadap Perilaku Konsumtif di era Ekonomi Digital.” Ilmiah Bijak, 2020: 28.
Mumtahana, Hani Atun; Nita, Sekreningsih; Tito, Winerawan Adzinta;. “Pemanfaatan Web E-commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran.” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 2017: Vol. 3 No. 1 (6-7).
Nabilah, Irma;. “Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Bisnis.” Manajemen Bisnis, 2021: 5.
Nuriawati;. “Pemanfaatan media sosial sebagai pemasaran dalam bisnis syariah.” Jurnal Ekonomi Islam, 2021: Vol. 1 No.1.
Opreana, Alin; Vinerean, Simona;. “A New Development in Online Marketing: Introducing Digital Inbound Marketing.” Expert Journal of Marketing, 2015: 29-30.
Sudiharto, S. (2020). Implementasi Kebijakan Budaya Tertib dan Disiplin Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 11–24. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/3
Sisilia, Assyifa Reska; Giri, Refi Rifaldi;. “Analisis Pemasaran Media Sosial untuk Menentukan Influencer dan Topik Pembicaraan.” Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 2020: 1036.
Stephen, A. T; Toubia, O;. “Deriving Value from Social Commerce Networks.” Journal of Marketing Research, 2010: 47 (2), 21-28.
Sudha, M; Sheena, K;. “Impact of Influencers in consumer decision process : The Fashion Industry.” Jurnal A Quartely, 2017: 14.
Sugiharto; Ramadhana, Maulana Rezi;. “Pengaruh kredibilitas Influencer terhadap sikap pada merek.” Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 2018: Vol. VIII No. 2.
Wijaya, I Dewa Putu; Fernanda, I Putu Handika; Yudiana, I Kadek Febi;. “Analisis strategi pemasaran UMKM dimasa pandemi melalui fitur Top Ads pada E-commerce.” Jurnal SANDI (Seminar Nasional Desain), 2021: Vol. 1 (3).
Wirapraja, Alexander; Hariyanti, Novi Tri;. “Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur).” Eksekutif, 2018: Vol.15 (137).
Nasrullah, Rulli;. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Nugroho, Adi;. E-commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika, 2006.
Nurochim, N., & Ngaisah, S. (2021). Analisis Isi Sikap Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 37–52. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.29
Priansa, Juni Donni;. Perilaku konsumen dalam bisnis kontemporer Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta, 2017.
Shelly, Cashman; Varmaat;. Discorvering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek, 2007.
Tjiptono, Fandy;. Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.