Analisis Pengetahuan Pelaku UMKM Terhadap Digital Marketing
Abstract
Masa pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun ini sangat berdampak pada perekonomian indonesia. Banyak pengusaha yang banting stir dari usaha yang telah mereka bangun dengan cara membuka usaha baru di masa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh digital marketing pada UMKM saat ini. Untuk menemukan persoalan itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berguna untuk menemukan data dan fakta tentang penerapan digital marketing pada UMKM. Lalu, dalam pengumpulan data peneletian ini menggukana teknik wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dalam analisis data di penelitian ini menggunakan teknik reduksi data. Pemasaran online sangat cocok bagi usaha- usaha yang baru muncul atau baru di mulai. Mengapa bisa dibilang cocok, karena dengan pemasaran online tentunya bisa menghemat segala aspek. Contoh, kita tidak perlu menyiapkan tempat sebagai kantor, kita juga bisa mengontrol usaha kita sendiri tanpa harus merekrut banyak karyawan. Jam kerja pun bisa fleksible alias tidak terikat. Dengan pemasaran online jaringan kita lebih luas, karena kita bisa menggunakan platform sosial media yang ada (Facebook, Instagram, Whatsapp, dll). Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemasaran mellaui digital marketing sangat berpengaruh pada usaha yang sedang dijalankan dan pemasaran dilakukan dengan cara positioning statements dan dibalas dengan respon pelanggan pada platform- platform yang ada seperti Facebook, Instagram, dan lain- lain.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.