Pengembangan E-LKPD Berbasis Software Liveworksheet pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa valid dan praktis lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis Software Liveworksheet pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research dan Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Hasil Penelitian ini yaitu untuk menguji kelayakan produk yang meliputi hasil validasi media, hasil validasi ahli materi serta hasil uji coba kepraktisan produk. Hasil validasi oleh ahli materi sebesar 4,00 termasuk dalam kategori sangat baik atau layak, dan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 3,70 termasuk dalam kategori sangat baik atau valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba kepraktisan sebesar 3,54 dan masuk kedalam kategori sangat prakti. Hasil diatas menunjukan bahwa E-LKPD berbasis Software Liveworksheet ini sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Harapannya penelitian ini dapat menjadi acuan untuk guru dalam proses pembelajaran khususnya dalam pe,belajaran secara daring.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. K., Maharani, L., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Sma Berbasis Al Qurun Teaching Model ( Atm ) Pada Konsep Materi Logaritma. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i1.60
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach. Spinger. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Diwanata, B., Rohman, F., & Munzil. (2021). Pengembangan Mobile Apps Keanekaragaman Burung Berbasis Pjbl Dan Efektivitasnya Pada Kemampuan Literasi Burung Mahasiswa Bima. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 158–163. https://doi.org/dx.doi.org/10.17977/um052v12i3p158-163
Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104.
Fadella, C., & Fikri, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus Tahun 2019/2020. Journal Of Biology Education, 4(1), 94-108.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/644
Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817
Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148–154.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sugiyono. (2012). Metode Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Bioedu, 10(3), 605–616. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38541
Refbacks
- There are currently no refbacks.