Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Disposisi matematis yaitu sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika, penyebab rendahnya sikap tersebut yaitu rumus formal yang membuat siswa menjadi bosan, sikap siswa yang masih tergolong rendah perlu adanya strategi dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi android berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan sikap disposisi matematis SMP 13 Malang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain quasi eksperimen dengan uji coba kelas eksperimen di kelas VII B dan kelas kontrol di kelas VII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan angket. Penelitian pengembangan ini didapatkan hasil validitas diperoleh rata-rata 91,62% (sangat valid). Kepraktisan didapatkan rata-rata sebesar 79,7% (praktis). Dan uji keefektifan produk didapatkan score N-Gain sebesar 76,41% (efektif) dalam meningkatkan disposisi matematis siswa yang signifikan. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan ini, media pembelajaran aplikasi android berbasis Augmented Reality dapat dinyatakan valid, praktis, efektif dalam peningkatan disposisi matematis siswa untuk sekolah menengah pertama.
Full Text:
PDFReferences
Aulia, P., Herawati, S., & Asmendri, A. (2020). Pengembangan Media Flowchart (Bagan Arus) Berbasis Microsoft Visio Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ketentuan Zakat Kelas VIII Di MTsN 6 Tanah Datar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.31958/atjpi.v1i1.2494
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(80), 555–564. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Ferika Aditama
Katz, L. G. (2009). Dispositions as Educational Goals. [Online]. Tersedia: http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.html.
Laelasari, I., & Lubab, H. (2022). Cukupkah Pembelajaran Biologi Menumbuhkan Pengetahuan dan Sikap Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja? Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 9(2), 84–91.
Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.
Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika). Online)(Http://Staff. Uny. Ac. Id/, Di Akses Pada 4 Februari 2021), April. Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika
Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Suryaprani, M. W., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. P. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri di Denpasar. Seminar Nasional FMIPA Undiksha, 39–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10180
Yuliono, T., & Rintayati, P. (2018). The promising roles of augmented reality in educational setting: A review of the literature. International Journal of Educational Methodology, 4(3), 125-132.
Refbacks
- There are currently no refbacks.