Desain Media Pembelajaran Pop-Up Book Etnomatematika Berbasis Edupreneurship Pada Pembelajaran Matematika

Nabila Isti’anatul Luthfiyyah, Arghob Khofya Haqiqi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book etnomatematika berbasis edupreneurship pada pembelajaran matematika, mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran pop-up book etnomatematika berbasis edupreneurship pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Development dan Dissemination). Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi ahli media, ahli materi dan ahli edupreneurship serta respon siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket dengan skala likert pada penilaian kelayakan para ahli dan angket dengan skala guttman pada penilaian kepraktisan terhadap respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan kriteria “Sangat layak” dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 80,5% yang diperoleh dari ahli media sebesar 72,5%, dari ahli materi 83,7%, dan dari ahli edupreneurship 85,4%. Berdasarkan hasil respon siswa menunjukkan kriteria “Sangat praktis” dengan rata-rata persentase sebesar 94%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran pop-up book etnomatematika berbasis edupreneurship sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika terkhusus materi bangun ruang sisi datar.


Full Text:

PDF

References


Aprisari, S. Romadon & Pitriyana, S. (2023). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbantuan Liveworksheet Kelas V SDN 19 Pangkalpinang. Jurnal Basic Education Skills, 1 (3) 12-25. Diunduh dari https://jbes.unmuhbabel.ac.id/index.php/jbes.

Chintia, M. Amelia, R & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (3) 579-586. Diunduh dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7064

Damayanti, E. (2013). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melayani Makan Dan Minum Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Ambal Kebumen. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari https://eprints.uny.ac.id/27516/1/Erna%20Damayanti%2009511244028.pdf

Ginting, Mariani Kasa Br. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn No. 101820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Universitas Quality Medan. Diunduh dari http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1867/.

Hakim, Z.R. Taufik, M & Firdayanti, R.N. Pengembangan Media Flipchart Pada Tema “Diriku” Subtema “Tubuhku” SDN Serang 3. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3 (2) 66-75. Diunduh dari https://ojs.adzkia.ac.id/plugins/generic/pdfJsViewer/pdf.js/web/viewer.html?file=https%3A%2F%2Fojs.adzkia.ac.id%2Findex.php%2Fpdk%2Farticle%2Fdownload%2F63%2F56%2F229

Hasan, M. dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Isrososiawan, S. (2013). Peran Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Society: Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 4 (1) 26-49. Diunduh dari https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/article/view/329.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). Peringkat Indonesia Pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Diunduh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Marini, Tety. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Dan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Berau. Inovasi: Jurnal Ekonomi Keuangan, Dan Manajemen, 12 (1) 108-137. Diunduh dari http://journal.feb.unmul.ac.id/.

Maulana, D.V. Halidjah, S & Ghasya, D.A.V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN 17 Pontianak Kota. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan keilmuan, 6 (1) 104-113. Diunduh dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk.

Maydiantoro, Albet. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Repository Universitas Lampung. Diunduh dari http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/

Nasution, R., Laelasari, I., Masitah, M., Visyam, V. W. A., & Kartika, T. B. (2023). Formulation of Teaching Materials for Environmental Pollution Based on Hybrid Learning to Develop Student Environmental Literacy. Journal of Biological Education, 6(2), 163–175.

Rahmawati, S & Fikri, A.A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bioteknologi Melalui Video Tik Tok. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11 (1) 55-61. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms.

Roviah. Daningsih, E dan Titin. (2018). Kelayakan Pop Up Book Materi Keanekaragaman Hayati Dari Buah Randum, Salak Hutan Dan Arokputih. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 (11) 1-12. Diunduh dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/29766.

Setiyanigrum, Rahma. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana: Universitas Negeri Semarang. Diunduh dari https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/620/539.

Supiyanto, Y. Astuty, H.S & Unwanullah, A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Desa Leran Wetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Tahun 2017. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 1 (1) 15-20. Diunduh dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/126.

Ulfa, M. (2023). Pengangguran RI 2023 Turun Tapi Masih Di Atas Pra-Pandemi. Diunduh dari https://www.idxchannel.com/economics/pengangguran-ri-2023-turun-tapi-masih-di-atas-pra-pandemi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.