Pendidikan Moderasi Beragama di Lembaga Pesantren Modern

Rukhaini Fitri Rahmawati

Abstract


Pengetahuan memberikan pengaruh bagi seseorang dalam menyikapi suatu permasalahan. Kesalahan dalam memahami ataupun mengintepretasikan suatu ajaran dapat berdampak pada kesalahan pada pengmalannya. Pesantren modern sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki tanggungjawab membekali santri dengan sikap moderat yang selanjutnya akan menjadi bekal selain ilmu ketika berdakwah dan kembali kepada masyarakat. Pendidikan moderasi beragama di pesantren modern dilakukan  melalui system pendidikan, desain kurikulum dan metode pembelajarannya. Internalisasi nilai-nilai moderat bertujuan untuk meminimalisir adanya paham radikalisme dan ekstrimisme yang rentan dihadapi oleh generasi muda, termasuk diantaranya para santri di pesantren.

Kata kunci: moderasi beragama; pesantren modern ; pendidikan pesantren.


Full Text:

PDF

References


Anshari, M. Redha. 2021. Buku Monograf: Pendidikan Moderasi Beragama di Pondok Pesantren. Yogyakarta: K-Media.

Indonesia. 2022. “Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 18 Tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren.”

Jamaluddin, Adon Nasrullah. 2015. Agama & Konflik Sosial : Studi Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme, dan Konflik antar Umat Beragama. Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian, Agama. 2019a. “Moderasi Beragama.”

Kementerian, Agama. 2019b. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Kementerian Agama RI.

Khotimah, Husnul. 2020. “INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):62. doi: 10.19105/rjpai.v1i1.3008.

Mahpuddin, Nor. 2006. Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora.

Mastuhu, Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren : Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Indonesia: Natherlands Cooperation in Islamic Studies (INIS).

Mu’allim, Amir. 2006. “Isu Terorisme dan Stigmatisasi Terhadap Pondok Pesantren ( Meluruskan Kesalahapahaman terhadap Pondok Pesantren ).” Millah VI(I):47–59.

PDPP. t.t. Statistik Data Pondok Pesantren. Pangkalan Data Pondok Pesantren.

Shodiq, Abdulloh. 2019. Pengembangan Kurikulum Pesantren Mu’adallah. Malang: Literasi Nusantara.

Tholib, Abdul. 2015. “Pendidikan di Pondok Pesantren Modern.” Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam I(1):60–67.

Wahyanto, Muflih. 2021. “Profil Balai Pendidikan Pondok Modern Assalaam Temanggung.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publised by Program Studi Tadris IPS dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia