Bibliokonseling Berbasis Nilai-Nilai Sumbang Duo Baleh dalam Membangun Karakter Positif bagi Remaja di Minangkabau

Hayatul Khairul Rahmat, Nabila Rizqillah Salsabila, Erika Nurliawati, Rara Eka Yurika, Siska Mandalia, Syahti Pernanda, Fadli Arif

Abstract


Abstract: This article was to describe bibliocounseling based on the values of the sumbang duo baleh in building positive character for adolescents in Minangkabau. The research method was a literature study method. Meanwhile, the data analysis used in this research is content analysis technique. The findings of this study were: bibliocounseling is a counseling activity using literature or books as a counseling medium, both offline and online. In this case, the literature that becomes the counseling medium is based on the values of the sumbang duo baleh in Minangkabau. The values of sumbang duo baleh consist of sumbang duduak, sumbang tagak, sumbang jalan, sumbang kato, sumbang caliak, sumbang makan, sumbang bapakaian, sumbang karajo, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang bagaua, and sumbang kurenah. Hopefully, using bibliocounseling based on the values of the sumbang duo baleh can build positive character for adolescents in Minangkabau.

Keywords: Bibliocounseling; Positive Character; Minangkabau; and Sumbang Duo Baleh.

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bibliokonseling berbasis nilai-nilai sumbang duo baleh dalam membangun karakter positif bagi remaja di Minangkabau. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Sedangkan, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Temuan dari penelitian ini adalah: bibliokonseling merupakan sebuah kegiatan konseling dengan menggunakan literatur atau buku sebagai media konseling, baik yang bersifat offline maupun online. Dalam hal ini, literatur yang menjadi media konseling tersebut didasarkan pada nilai-nilai sumbang duo baleh yang ada di Minangkabau. Nilai-nilai sumbang duo baleh tersebut terdiri dari sumbang duduak, sumbang tagak, sumbang jalan, sumbang kato, sumbang caliak, sumbang makan, sumbang bapakaian, sumbang karajo, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang bagaua, dan sumbang kurenah. Harapannya, dengan penggunaan bibliokonseling berbasis nilai-nilai sumbang duo baleh dapat membangun karakter positif pada remaja di Minangkabau.

Kata kunci: Bibliokonseling; Karakter Positif; Minangkabau; dan Sumbang Duo Baleh.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, D., Rahmat, H. K., & Pernanda, S. (2020). Menemukenali konsep etika dan sikap konselor profesional dalam bimbingan dan konseling. JURNAL MIMBAR: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 6(2), 84-101.

Astuti, I. (2022). Pengembangan Bibliokonseling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(1), 44-54.

Basri, A. S. H., Musyirifin, Z., Anwar, M. K., & Rahmat, H. K. (2019). Pengembangan Model Keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam Melalui Jurnal Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 2(2), 136-158.

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126-133.

Gani, E. (2020). Sumbang Duo Baleh: Education-Valued Expression for Minangkabau Women. Proceeding of the International Conference on Languange, Literature, and Education, 3, 142-146. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.024

Hakimy, I. (2004). Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat di Minangkabau. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis Nilai-nilai Karakter Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi , 5(1), 1-17. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5632

Hariyadi, S. (2018). Bibliokonseling Berbasis Cerita Rakyat Sebagai Alternatif Layanan Kepada Siswa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 456-466. https://doi.org/10.28926/brilliant.v3i4.237

Herlina, H. (2013). Bibliotherapy Mengatasi Masalah Anak dan Remaja Melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Hidayat, M. Y. (2008). Aplikasi Bibliokonseling Sebagai Salah Satu Strategi Membantu Klien dalam Konseling. Jurnal Lentera Pendidikan, 11(1), 129-140. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a10

Ibrahim, I. (2014). Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multimedia.

Iskandar, S. P., Mardianto, M., & Putra, Y. Y. (2014). Konsep Sumbang Duo Baleh dalam Tinjauan Psikologi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 5(2), 180-191. https://doi.org/10.24036/rapun.v5i2.6632

Muara, T., Prasetyo, T. B., & Rahmat, H. K. (2021). Psikologi Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi: Sebuah Studi Analisis Kondisi Psikologis Menghadapi COVID-19 Perspektif Comfort Zone Theory. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 69-77.

Nurmalasari, E. (2018). Biblioterapi untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Karier Siswa Slow Learner di SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Undergraduate Thesis. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Olsen, H. D. (1975). Biblitherapy to Help Children Solve Problems. The Elementary School Journal, 75(7), 422-429. https://doi.org/10.1086/460929

Olsen, M. A. (2007). Bibliotherapy: School Psychologists’ Report of Use and Efficacy. Utah, United States of America: Department of Counseling Psychology and Special Education Bringham Young University.

Parpatiah, Y. D. (2002). Pitaruah Ayah. Jakarta: Balairong Group.

Pehrsson, D. E., & McMillen, P. S. (2006). Competence Bibliotherapy: Preparing Counselors to Use Literature with Culturally Diverse Clients. Virginia, United States of America: American Counseling Association.

Pehrsson, D. E., Allen, V. B., Folger, W. A., McMillen, P. S., & Lowe, I. (2007). Bibliotherapy with Preadolescents Experiencing Divorce. The Family Journal, 15(4), 409-414 . https://doi.org/10.1177/1066480707305352

Rahayuningsih, E. (2021). Teknik Bibliokonseling dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Tengah School From Home. HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 38(1), 35-41. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no1.a3529

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, I., Annisa, O., & Pratiwi, S. (2021). Strategi Mengembangkan Resiliensi Individu di Tengah Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Islamic Art Therapy [Strategy to Develop Individual Resilience in The Middle of The COVID-19 Pandemic using Islamic Art Therapy]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1).

Rahmat, H. K., & Budiarto, A. (2021). Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam Menggunakan Metode Biblioterapi Sebagai Sebuah Penanganan Trauma Healing [Reducing The Psychological Impact of Natural Disaster Victims Using Bibliotherapy Method as a Trauma Healing Handler]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1).

Rahmat, H. K., Muzaki, A., & Pernanda, S. (2021a). Bibliotherapy as an Alternative to Reduce Student Anxiety During Covid-19 Pandemic: a Narrative Review. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 4, 379-382.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Casmini, C., Budiarto, A., Pratiwi, S., & Anwar, M. K. (2021b). Urgensi Altruisme dan Hardiness pada Relawan Penanggulangan Bencana Alam: Sebuah Studi Kepustakaan [The Urgency of Altruism and Resilience in Natural Disaster Management Volunteers: A Literature Study]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(1).

Roselina, R., & Shukry, M. (2006). Bibliotherapy: a Tool for Primary Prevention Program with Children and Adolescents. Journal Antidadah Malaysia, 1(1), 75-90.

Setiawati, T., & Royani, N. (2018). Pengaruh Bibliotherapy Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 48-52. https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.6862

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja Sebagai Pencegah Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176-187.

Shofiah, V. (2019). Metode Biblioterapi Islam untuk Pengembangan Karakter Tanggung Jawab pada Mahasiswa. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.24014/egcdj.v2i1.7250

Sukatin, S., Ma’ruf, A., Putri, D. M., Karomah, D. G., & Hania, I. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter bagi Remaja di Era Digital. Sosains: Jurnal Sosial dan Sains, 1(9), 1101-1111. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i9.205

Usman, A. (2002). Kamus Umum Bahasa Minangkabau-Indonesia. Padang: Anggrek Media.

Yunitasari, Y., & Christiana, E. (2016). Penerapan Teknik Bibliokonseling untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 6(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publised by Program Studi Tadris IPS dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia