Integrasi Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kurikulum Berbasis Budaya Yogyakarta untuk Membangun Cultural Awareness

Rara Eka Yurika, Hayatul Khairul Rahmat, Citra Widyastuti

Abstract


The purpose of the study was to describe the integration of guidance and counseling services with cultural-based education in Yogyakarta to build cultural awareness in the students. The research method used in this research was a literature study, while the data analysis used the descriptive analysis technique. The finding of this research was the concepts of guidance and counseling based on Yogyakarta culture. The cultural values of Yogyakarta that can be integrated into guidance and counseling services are formulated in various idioms, such as: hamemayu hayuning bawana, golong-gilig, sawiji, greget, and sengguh. The guidance and counseling services can be used and implemented through individual guidance and counseling, and group counseling guidance. The implementation of guidance and counseling services based on Yogyakarta.

Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan integrasi layanan bimbingan dan konseling dengan pendidikan berbasis budaya Yogyakarta untuk membangun cultural awareness pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kajian literatur sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan konsep-konsep bimbingan dan konseling berbasis budaya Yogyakarta. Nilai-nilai budaya Yogyakarta yang dapat diintegrasikan dalam layanan bimbingan dan konseling terumuskan dalam berbagai idiom, seperti: hamemayu hayuning bawana, golong-gilig, sawiji, greget, dan sengguh. Adapun jenis layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan yakni melalui layanan bimbingan konseling individual dan layanan bimbingan konseling kelompok. Nilai-nilai budaya Yogyakarta yang diterapkan dalam layanan bimbingan dan konseling tersebut diharapkan dapat membangun cultural awareness pada siswa. 



Full Text:

PDF

References


Adrianto, Sopan. 2019. “Peranan Pendidikan Sebagai Transformasi Budaya.” Stikomcki 12(1): 14–19. http://jurnal.stikomcki.ac.id/index.php/cos/article/view/54.

Alia, Siti et al. 2020. “Budaya Lembaga Pendidikan Sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral.” Khazanah Pendidikan Islam 2(2): 84–89.

Az Zafi, Ashif. 2018. “Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan Dalam Pembentukan Karakter).” Al-Ghazali I(1): 1–16.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. 2011. Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. Indonesia.

———. 2013. Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya. Indonesia.

Hartinah, Siti, and Agus Dei Setyawan. 2019. “Pengembangan Panduan Bimbingan Keterampilan Kerjasama Berbasis Permainan Tradisional Balbudih Untuk Siswa SMP.” Indonesian Journal of Counseling Development 01(02): 109–21.

Purnaningtyas, Putri Sekar, and Ariadi Nugraha. 2021. “PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.” In Prosiding Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami,” , 1842–53.

Rifqi, Faridha. 2021. “THE EFFECTIVENESS OF TRADITIONAL TRADITIONAL GAMES THROUGH GROUP COUNSELING SERVICES TO IMPROVE STUDENT PROSOCIAL BEHAVIOR IN CLASS VIII AT SMPN 1 BANJARMASIN.” JURNAL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 4(2): 62–69. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/index/1.

Satrawijaya, L. 2019. “Peningkatan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Bola Voli Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Padamara.” EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains 1(2): 322–36. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/415.

Adrianto, Sopan. 2019. “Peranan Pendidikan Sebagai Transformasi Budaya.” Stikomcki 12(1): 14–19. http://jurnal.stikomcki.ac.id/index.php/cos/article/view/54.

Alia, Siti et al. 2020. “Budaya Lembaga Pendidikan Sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral.” Khazanah Pendidikan Islam 2(2): 84–89.

Az Zafi, Ashif. 2018. “Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan Dalam Pembentukan Karakter).” Al-Ghazali I(1): 1–16.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. 2011. Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. Indonesia.

———. 2013. Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya. Indonesia.

Hartinah, Siti, and Agus Dei Setyawan. 2019. “Pengembangan Panduan Bimbingan Keterampilan Kerjasama Berbasis Permainan Tradisional Balbudih Untuk Siswa SMP.” Indonesian Journal of Counseling Development 01(02): 109–21.

Purnaningtyas, Putri Sekar, and Ariadi Nugraha. 2021. “PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAG SODOR DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.” In Prosiding Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami,” , 1842–53.

Rifqi, Faridha. 2021. “THE EFFECTIVENESS OF TRADITIONAL TRADITIONAL GAMES THROUGH GROUP COUNSELING SERVICES TO IMPROVE STUDENT PROSOCIAL BEHAVIOR IN CLASS VIII AT SMPN 1 BANJARMASIN.” JURNAL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING 4(2): 62–69. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/index/1.

Satrawijaya, L. 2019. “Peningkatan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Bola Voli Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Padamara.” EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains 1(2): 322–36. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/415.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publised by Program Studi Tadris IPS dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia