Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Sosial Budaya untuk Sekolah Monokultural
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Acar-Ciftci, Y. (2019). Multicultural Education and Approaches to Teacher Training. Journal of Education and Learning, 8(4), 136. https://doi.org/10.5539/jel.v8n4p136
Arifin, A. H. Al. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785
Arifudin, I. (1970). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 220–233. https://doi.org/10.24090/insania.v12i2.252
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Elhefni, E., & Wahyudi, A. (2017). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 53. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.800
Hunt, J. G. (2020). Multiculturalism or Revamped Monoculturalism: Exploring the Principles, Policies, and Practices Enacted in Korea’s Changing Society. International Journal of Social Science Research and Review, 2(4), 9–21. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssr/article/view/11594/5554
Indrapangastuti, D. (2014). Praktek Dan Problematik Pendidikan Multikultural Di Smk. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614
Keriapy, F., Tinggi, S., Kristen, A., Pesat, T., & Tengah, J. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(September), 82–93.
Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6
Murdiono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Budaya Lokal. PKn Progresif, 7(1), 24–33.
Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404
Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200
Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029-1040.
Sulaswari, M. (2018). Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Mata. Jurnal IJTIMAIYA, 2(2), 32–51.
Zamroni. (2011). Pendidikan demokrasi pada masyarakat multikultural. Yogyakarta: gavin Kalam Utama.
Zilliacus, H., & Holm, G. (2017). Hummelstedt-Djedou, I., Zilliacus, H. & Holm, G. Submitted to Multicultural Education Review. 0–29.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publised by Program Studi Tadris IPS dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia