Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Sosial Budaya untuk Sekolah Monokultural

Misroh Sulaswari, Wasino Wasino

Abstract


Tulisan ini bertujuan menawarkan sebuah formula Pendidikan multikultural untuk sekolah yang monokultural melalui proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS di sekolah menengah pertama. Pendidikan multikultural adalah pendidikan dan pembelajaran yang menanamkan pentingnya menghargai keberagaman. Pendidikan multikultural juga diperlukan karena keragaman sering mengakibatkan terjadinya pergeseran dan konflik di tengah masyarakat. Konflik yang terjadi di Indonesia sebenarnya bukan karena adanya kemajemukan tersebut tetapi diakibatkan kesalahpahaman dari komunikasi. Oleh karenanya dituntut untuk saling menghargai, saling menghormati setiap perbedaan yang ada. Menggunakan metode studi literatur tulisan ini memberikan panduan pelaksanaan pendidikan multikultural untuk sekolah monokultural melalui pembelajaran IPS. Unsur yang harus ada dalam pendidikan multikultural untuk sekolah monokultural adalah penyediaan sumber belajar berupa lingkungan sosial budaya yang dihadirkan dalam pembelajaran IPS sehingga peserta didik merasakan secara langsung pengalaman bertemu dan berinteraksi dengan kondisi multikultural

Full Text:

PDF

References


Acar-Ciftci, Y. (2019). Multicultural Education and Approaches to Teacher Training. Journal of Education and Learning, 8(4), 136. https://doi.org/10.5539/jel.v8n4p136

Arifin, A. H. Al. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785

Arifudin, I. (1970). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 220–233. https://doi.org/10.24090/insania.v12i2.252

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Elhefni, E., & Wahyudi, A. (2017). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 53. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.800

Hunt, J. G. (2020). Multiculturalism or Revamped Monoculturalism: Exploring the Principles, Policies, and Practices Enacted in Korea’s Changing Society. International Journal of Social Science Research and Review, 2(4), 9–21. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijssr/article/view/11594/5554

Indrapangastuti, D. (2014). Praktek Dan Problematik Pendidikan Multikultural Di Smk. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614

Keriapy, F., Tinggi, S., Kristen, A., Pesat, T., & Tengah, J. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(September), 82–93.

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6

Murdiono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Budaya Lokal. PKn Progresif, 7(1), 24–33.

Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404

Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200

Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029-1040.

Sulaswari, M. (2018). Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Mata. Jurnal IJTIMAIYA, 2(2), 32–51.

Zamroni. (2011). Pendidikan demokrasi pada masyarakat multikultural. Yogyakarta: gavin Kalam Utama.

Zilliacus, H., & Holm, G. (2017). Hummelstedt-Djedou, I., Zilliacus, H. & Holm, G. Submitted to Multicultural Education Review. 0–29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publised by Program Studi Tadris IPS dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia