Implementasi Terapi Behavioral dengan Pendekatan Istiqomah pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di Sekolah Khusus dan Rumah Terapi ABK Darul Fathonah, Kudus)
Abstract
Implementation of Behavioral Therapy with an Istiqomah Approach for Children with Special Needs (Case Study at Sekolah Khusus dan Rumah Terapi ABK Darul Fathonah, Kudus) Dalam proses terapi atau belajar anak berkebutuhan khusus di lapangan masih banyak penerapan penanganan yang kurang tepat, padahal penanganan yang tepat sangatlah penting guna perkembangan anak berkebutuhan khsusus tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi pemahaman kepada pembaca terkait penanganan yang tepat pada anak berkebutuhan khusus, dengan terapi behavior dengan pendekatan istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dan kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian menujukkan terapi behavior dengan pendekatan istiqomah pada anak berkebutuhan khusus merupakan langkah yang tepat digunakan, hal tersebut terbukti dengan keberhasilan penerapan dari Sekolah Khusus dan Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Kudus seperti penerapan pada pembelajaran edukasi, motorik kasar dan halus, Activity Of Daily Living (ADL), dan Applied Behaviour Analysis (ABA).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alang, A. H. (2020). TEKNIK PELAKSANAAN TERAPI PERILAKU (BEHAVIOUR). 7.
A.M.Irfan TAUFAN Asfar, Asfar, A. M. I. A., & Mercy F Halamury. (2019). TEORI BEHAVIORISME (Theory of Behaviorism). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324
Asy-syu’ail, H. bin abdullah. (2019). Kiat Cerdas Meraih Istiqomah. Surabaya: Pustaka Elba.
Fitriatun, E., Febriyanti, B., Ariany, F., Sukarman, S., Irmasyah, J., & Subki, S. (2023). Program Kemitraan Masyarakat: Layanan Psikologi dalam Mendukung Perkembangan dan Penanganan Pertama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Bimbel Buah Hati. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 276–283. https://doi.org/10.36312/linov.v8i2.1246
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.
Koizumi, M., & Kojima, M. (2022). Syntactic development and verbal short-term memory of children with autism spectrum disorders having intellectual disabilities and children with down syndrome. Autism & Developmental Language Impairments, 7, 239694152211096. https://doi.org/10.1177/23969415221109690
Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved September 15, 2023, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1543971
Rahman, P. (2018). Konsep Istiqamah Dalam Islam. Jurnal Studi Agama, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.19109/jsa.v2i2.3055
Rahmawati, H. K. (2021a). IMPLEMENTASI PENDEKATAN BEHAVIORISME DALAM PROSES TERAPI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS CEREBRAL PALSY DI RUMAH TERAPI DARUL FATHONAH KUDUS [IMPLEMENTATION OF BEHAVIORISM APPROACH IN THE THERAPY PROCESS OF CHILDREN WITH CEREBRAL PALSY SPECIAL NEEDS AT THE THERAPY HOME OF DARUL FATHONAH KUDUS]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(2), 93–100. https://doi.org/10.59027/jcic.v1i2.78
Rahmawati, H. K. (2021b). Pengembangan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Konseling Multikultural. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.4
Sanyata, S. (n.d.). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling.
Siti, A., Marlina, E., & Effendy, D. I. (2020). Pengembangan Interaksi Sosial Anak Autis melalui Terapi Applied Behavior Analysis. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 8(3), 271–288. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i3.1977
Winarsih, dkk, S. (2013). PANDUAN PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BAGI PENDAMPING (ORANG TUA, KELUARGA, DAN MASYARAKAT). Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 International Conference of Da'wa and Islamic Communication