KULTIVASI KOREAN WAVE PADA GAYA HIDUP K-FANS MAHASISWA IAIN KUDUS MELALUI MEDIA ONLINE

Amrina Rosyada, Primi Rohimi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan oleh budaya Korean wave yang tersebar melalui media online terhadap gaya hidup mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa IAIN Kudus yang memilki ketertarikan terhadap budaya Korean wave. Dengn menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan metode deskriptif serta analisis data dari Miles dan Hubereman, penelitian ini menjelaskan tentang hubungan media online dengan Korean wave, penafsiran Korean wave dari sudut pandang mahasiswa, perubahan dalam hidup Korean fans serta gaya hidup Korean fans yang disebabkan adanya interkasi dengan fenomena Korean wave. Ekspansi Korean wave tidak terlepas dari pengaruh global media massa. Media massa membawa nilai-nilai budaya yang mempegaruhi dengan cepat dalam lingkungan internasional. Antusiasme khalayak terhadap Korean wave secara tidak langsung dapat mengubah perilaku seseorang. Budaya Korean wave misalnya. Berbagai budaya yang ditimbul dari Korean wave kebanyakan berawal dari K-Pop dan K-drama memunculkan sifat ketertarikan. Ketertarikan yang muncul dapat menimbulkan fanatik dan fanatisme. Sikap-sikap tersebut dapat memicu timbulnya gaya hidup yang konsumtif.


Keywords


kultivasi, Korean wave, gaya hidup, k-fans, media online

References


Lathifah, Isnaini Nurul, Achmad Herman, and Muh. Isa Yusaputra. 2019. “Pengaruh Mengakses Korean Wave terhadap Perilaku Imitasi Remaja di Kota Palu.” Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi 6(2):111. doi: 10.21070/kanal.v6i2.1933.

Putri, Idola Perdini, Farah Dhiba Putri Liany, and Reni Nuraeni. 2019. “K-Drama Dan Penyebaran Korean Wave Di Indonesia.” ProTVF 3(1):68. doi: 10.24198/ptvf.v3i1.20940.

Putri, Karina Amaliantami, Amirudin Amirudin, and Mulyo Hadi Purnomo. 2019. “Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z.” Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 14(1):125. doi: 10.14710/nusa.14.1.125-135.

Putri, Vira Vanessa Priyanka, Azzukhrufina Nadia Arsy, Rizqi Khasna Kamila, A. A. Permata Tarinanda, Syaifuddin Zuhri, Nurul Fajriah, Rheinaldy Thalia Hadi Wibowo, Ardan Agung Dwi Prakoso, Regina Olvi Indriani, Anyes Tri Windari, Christian Thomas, Ariena Zulfa Auliya, Megga Annisa, Muhammad Yusuf, Aries Yulianto, Sarah Sadaika, Wulan Diah Pramesti, Muhammad Rizki Aditya Isma, Mohammad Anas Asrih, Hildan Raenafisal S, Reiga Aditya Primayuda, Anfasa Wira Pradana, Bella Novita Permatasari, Ghulam Majdiy Asri, Yuswin Akbar Cahyo P, Muhammad Izzudin Febrianta, Yulsa Zenna Albitasyah, Salsabilla Maudy, Nihlatus Sofi Maula Sa’adah, Mella Dwi Purnama, Saka Dheva Pratama, and Kresnayana Yahya Yogia. 2020. Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).

Romli, Khomsahrial. 2017. Komunikasi Massa. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Setiawan, Albi Anggito, Johan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Suminar, Riani. 2018. “Fenomena Hallyu Di Indonesia.” 3(12):10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 International Conference of Da'wa and Islamic Communication