Pembentukan Karier Bagi Disabilitas Sensorik Netra Melalui Bimbingan Vokasi di PPSDSN Pendowo Kudus

Mashadhi Wijaya, Widya Anggraeni

Abstract


Setiap orang mempunyai potensi untuk berkarier, termasuk penyandang disabilitas sensorik netra. Mereka juga mempunyai potensi, kemampuan, keterampilan dan cita-cita. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan karier melalui bimbingan vokasi guna meningkatkan kecakapan hidup bagi penyandang disabilitas sensorik netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus (PPSDSN Pendowo Kudus). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan jenis bimbingan vokasi yang dilaksanakan yakni berupa pengembangan soft skill dan hard skill bagi penerima manfaat. Adapun upaya guna meningkatkan kecakapan hidup yang harus dikuasai, yaitu mempertahankan hidup di masyarakat, memelihara diri, dan mampu berhubungan antar pribadi. Dari keterampilan tersebut dapat ditanamkan sikap pantang menyerah, self knowledge, konsep diri, kepercayaan diri, dan sikap mandiri bagi penyandang disabilitas sensorik netra. Beberapa preferensi yang ditawarkan dalam bimbingan vokasi yaitu menganyam, ecoprint, hanger, keset, komputer bicara, massage, pelatihan kewirausahaan maybank, karawitan, rebana, dan lain sebagainya. 

Keywords


career; visual sensory disabilities; vocational guidance

References


Angga, A. S. (2022). BIMBINGAN VOKASIONAL PADA PECANDU NARKOBA DI INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR (IPWL) YAYASAN MITRA ALAM SURAKARTA (thesis). fud.uinsaid.ac.id, Surakarta.

Good, G. (2017). Pengaruh Pengembangan Karier terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM TIRTANADI Cabang Padang Bulan Medan (thesis). repositori.uma.ac.id, Medan, Sumatera Utara.

Laraswati, R. (2023). Bimbingan Vokasional bagi Klien Eks Psikotik di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta (thesis). digilib.uin-suka.ac.id, Yogyakarta.

Lasweny, R. (2015). 2Mm02136. Yogyakarta: Thesis UAJY.

Muhammad Sahrul, M. L. R. (2020). Kompetensi Sosial Penyandang Disabilitas Netra Dalam Dunia Kerja, 1–16. Retrieved from http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Nuonline. (n.d.-a). Surat al-Isra’ Ayat 70: Arab, Latin, Terjemah Dan Tafsir Lengkap: Quran nu online. Retrieved from https://quran.nu.or.id/al-isra’/70

Nuonline. (n.d.-b). Surat at-tin ayat 4: Arab, Latin, Terjemah Dan Tafsir Lengkap: Quran nu online. Retrieved from https://quran.nu.or.id/at-tin/4

Rosyidi, F., & Dwi Saputri, N. (2023). PENDAMPINGAN BIMBINGAN KARIER BAGI ANAK KAMPUNG SOSIAL ARGOPURO UNTUK MECIPTAKAN KESADARAN KARIER. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 4, 171-178. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/ACCE/article/view/1509

Sukmana, O. (2020). Program Peningkatan Ketrampilan Bagi penyandang disabilitas netra (studi di Panti Rehabilitasi Bina netra Malang, Jawa Timur). Sosio Konsepsia, 9(2), 132–146. doi:10.33007/ska.v9i2.1799

Wahyuni, M. (2022a). URGENSI BIMBINGAN VOKASIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI KAMPUNG KALA KEMILI KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (thesis). repository.ar-raniry.ac.id, BandaAceh.

Wahyuni, M. (2022b). URGENSI BIMBINGAN VOKASIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI KAMPUNG KALA KEMILI KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (thesis). repository.ar-raniry.ac.id, BandaAceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 International Conference of Da'wa and Islamic Communication