Digitalization of PAI Learning Based on ICT Technology Integration with Multiple Intelligences Approach
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25), Article 25.
Amstrong, T. (2004). Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligence di Dunia Pendidikan. Kaifa.
Anwar, F., Taqiyuddin, M. F., Wijaya, K., Azmi, M. C. Y., & Izharman, I. (2022). Implementation of Talaqqi, Sima’i, Wahdah, Talqin and Kitabah Methods in Memorizing the Quran: How Do Teachers Guide Students. Khalifa: Journal of Islamic Education, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/kjie.v6i2.151
Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Mizan.
Dewi, C. A., Pahriah, P., & Purmadi, A. (2021). The Urgency of Digital Literacy for Generation Z Students in Chemistry Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(11), Article 11. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i11.19871
Dinata, F. R. (2020). Pengembangan Materi PAI. Penerbit Nusa Media.
Djumat, N., Purwanto, A., & Akbar, Z. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Kecerdasan Kecerdasan Naturalis Siswa. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 2, 52.
Evanirosa. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Media Sains Indonesia.
Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences pada Pembelajaran PAI. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 220–244. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.17
Gardner, H. (2013). Multiple Intelligence. Daras Books.
Hernowo, & Nurdin, C. (2004). Bu Slim dan Pak Bil: Kisah tentang Kiprah Guru “Multiple Intelligence” di Sekolah. MLC.
Hidayat, A. S. (2021). Hidayat, A. S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. CV. Sarnu Untung. Sarnu Untung.
Kusuma, T., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6211
Mahardika, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i1.13238
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709
Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.
Rahmawati, K. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. BASIC EDUCATION, 5(3), Article 3.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Ramli, M. (2020). Designing Islamic Religious Education Teaching Based on Digital Innovation Creativity at Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 344–354.
Sadikin, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).
Setyawan, A. (2014). Benarkah Ada Anak yang Tidak Punya Semangat Belajar. Mizan Publika.
Suarca, K., Soetjiningsih, & Ardjana, IGA. E. (2005). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85–87.
Suyadi. (2020). Pendidikan Islam dan Neurosains: Menelusuri Jejak Akal dan Otak dalam al-Qur’an Hingga Pengembangan Neurosains dalam Pendidikan Islam. Kencana.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Taqiyuddin, M., Arroisi, J., Taqiyuddin, M., & Salim, M. S. (2019). Reading al-Attas’ Ta’dīb as Purpose of Islamic University (SSRN Scholarly Paper 3487353). https://doi.org/10.2139/ssrn.3487353
Tirta, & Buyung. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkakan Konsentrasi dan Kecerdasan Logis Matematis. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i2.24749
Utomo, S. (2018). Utilization of Whatsapp Application on Problem-Based Learning for International Accounting Courses at PGRI Madiun University. Journal of Educational Technology, 6(2), 203–204.
Wijaya, K. (2023a). Integrasi Teknologi Informasi (ICT) Dalam Pembelajaran PAI Berbasis Paradigma Multiple Intelligence di Sekolah Dasar. Seminar Nasional LPPM UMMAT Universitas Muhammadiyah Mataram, 2(434–435), 29–30.
Wijaya, K. (2023b). Pengembangan Pembelajaran PAI Materi Menjaga Kebersihan Lingkungan Berbasis Prinsip Digitalisasi Kecerdasan Majemuk di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 8, 2251–2254.
Yuliana, Y. (2020). Analysis of the Effectiveness of E-Learning Utilization as a Learning Medium for Islamic Religious Education During the Corona Pandemic (Covid-19). Journal SALAM: Syar-I Social & Cultural, 7(10), 878–881.
Zahir, A., Nirwana, N., Tanriolo, J. F., & Jusrianto, J. (2022). Game Edukasi Mata Pelajaran Biologi Jenjang SMA Berbasis Android. Jurnal Sinestesia, 12(2), Article 2.
Zahro’, A., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Kecerdasan Visual Peserta Didik dalam Pendidikan Agama Islam. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.255
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.