Kecerdasan Naturalis dalam Perspektif Alquran

Aulia Rohendi, Farid Wajdi Ibrahim, Faizatul Faridy

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kecerdasan naturalis dalam perspektif Al-Qur’an. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kajian studi literatur. Pengumpulan data diambil dari Alquran dan jurnal ilmiah yang kemudian dianalisis. Dari hasil analisis ditemukan bahwa, dalam Alquran terdapat banyak sekali pembahasan tentang alam, gejala alam dan ilmu alam lainnya, hal ini dimaksudkan agar manusia berpikir, memperhatikan dan mendengarkan (pelajaran) kekuasaan Allah yaitu alam (QS Ar-Ra’d:3, An-Naml:86, An-Nahl: 65). Manusia sebagai khalifah di bumi (QS Al-Baqarah: 30) mempunyai tanggung jawab dalam memanfaatkan alam dengan baik (QS An-Nahl: 5). Manusia sendirilah yang menjadi penyebab kerusakan di muka bumi (QS Ar-Rum 41-42, QS Asy-Syura:30). Karenanya, manusia harus kembali ke dasar perintah Allah untuk menjaga lingkungan dan mengambil pelajaran dari fenomena alam yang terjadi (QS Al A’raf: 56-58). Dengan demikian, kcerdasan naturalis perlu ditumbuhkan dan dikembangkan agar manusia bisa mengelola lingkungan dengan baik dan menanggulangi kerusakan lingkungan. 


Full Text:

PDF

References


Adack, J. (2013). Dampak Pencemaran Limbah Tahu Terhadap Lingkungan Hidup. Lex Administratum, 1(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/administratum/article/view/3200

Al-Nofaie, H. (2020). Saudi University Students’ Perceptions towards Virtual Education During Covid-19 Pandemic: A Case Study of Language Learning via Blackboard. Arab World English Journal, 11(3), 4–20. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no3.1

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom 3rd Edition. Ascd.

Armstrong, T. (2017). The healing balm of nature: Understanding and supporting the naturalist intelligence in individuals diagnosed with ASD: Comment on: “Implications of the idea of neurodiversity for understanding the origins of developmental disorders” by Nobuo Masataka. Physics of Life Reviews, 20(January), 109–111. https://doi.org/10.1016/j.plrev.2017.01.012

Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 36. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Pelestarian Lingkungan dengan Perilaku Wisatawan dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(24), 37–49. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geografi/article/view/87

Febriani, N. A. (2017). Perspektif Al-Quran dan Injil tentang Kecerdasan Naturalis Abstrak. Jurnal Bimas Islam, 10(2), 223–256. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/20

Furqon, F. (2021). Peran Manusia di Bumi Sebagai Khalifah Dalam Perubahan Sosial. An Naba, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i1.66

Herlina, N. (2017). Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 3(2), 162. https://doi.org/10.25157/jigj.v3i2.93

Juwita, D. R. (2017). Fiqh Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Islam. Jurnal Studi Agama El-Wasathiya, 5(1), 27–41.

Keraf, A. S. (2002). Etika Lingkungan. Penerbit Buku Kompas.

Kornhaber, M. L. (2019). The theory of multiple intelligences. The Cambridge Handbook of Intelligence, Mi, 659–678. https://doi.org/10.1017/9781108770422.028

Marfai, M. A. (2019). Pengantar Etika Lingkungan dan Kearifan Lokal. UGM Press.

Nahruddin, Z. (2018). Isu-Isu Strategis Permasalahan Lingkungan Hidup. https://doi.org/10.31227/osf.io/gj3nm

Nurhayati, A., Ummah, Z. I., & Shobron, S. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Al-Qur’an. Suhuf, 30(2), 194–220. http://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7643

Pinto, Z. (2015). Kajian Perilaku Masyarakat Pesisir yang Mengakibatkan Kerusakan Lingkungan (Studi Kasus di Pantai Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 3(3), 163–174. https://doi.org/10.14710/jwl.3.3.163-174

Roswantoro, A. (2012). Refleksi Filosofis Atas Teologi Islam Mengenai Lingkungan dan Pelestarian. Al-Tahrir, 12(2), 219–238.

Rusdina, A. (2015). Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan yang Bertanggung Jawab. Istek, 9(2), 244–263. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/198

Sakho, M. A. (2017). Keberkahan Al-Quran Memahami Tema-Tema Penting Kehidupan. PT. Qaf Media Kreativa.

Shihab, M. Q. (2020). Al-Quran dan Maknanya. Lentera Hati.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Wijanarko, J. (2012). Anak Cerdas Ceria Berakhlaq Multiple Intelligences. PT. Happy Holy Kids.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.