Moderasi Beragama dalam Kurikulum PAI tingkat Sekolah Dasar

Putri Utami Asrianti, Saepul Anwar, Mita Mawadda, Silmi Septiani

Abstract


Moderasi beragama dalam muatan kurikulum sangat dibutuhkan. Utamanya pada jenjang sekolah dasar dimana harus dikenalkan dan dikuatkan sejak dini agar ketika siswa beranjak pada sekolah tingkat menengah, maka pemahaman mereka dapat berkembang dan berpikir kritis terhadap hal-hal yang akan dihadapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan PAI di persekolahan, proporsi sebaran moderasi beragama pada Kurikulum, dan juga Moderasi beragama sebagai tujuan pembelajaran PAI di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode library research dengan menggunakan teknik analisis konten. Sumber data primer yakni buku PAI kelas I-6, Permendikbud No. 37 tahun 2018, dan jurnal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah mengetahui hakikat PAI di persekolahan adalah untuk mewujudkan manusia yang bertakwa dan berakhlak mulia, Dari 5 ruang lingkup materi pembelajaran yang terdapat dalam mata pelajaran PAI kelas I sampai VI Sekolah Dasar yang difokuskan pada KI-3 (pengetahuan), setelah dianalisis ternyata kurang dari separuh jumlah keseluruhan KD, yakni hanya mencapai 46 KD saja  (46,94%) yang memiliki muatan moderasi beragama. Hal ini seharusnya menjadi perhatian khusus untuk kebijakan selanjutnya agar moderasi beragama dapat terimplementasi dengan baik dalam mewujudkan tujuan PAI di persekolahan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 729–736. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135

Anwar, S. (2018). Internalization of Tolerance Values by Empowering the Environment as Learning Resource through Islamic Religious Education in Higher Education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012119

Anwar, Saepul. (2016). Tolerance Education Through Islamic Religious Education in Indonesia. 438–442. https://doi.org/10.2991/icse-15.2016.95

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Budiyanti, N., & Uus Ruswandi. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ). 18(20), 131–146.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., & Ruswandi, U. (n.d.). ( Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar , Menengah Dan Tinggi ) Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6.

Dianita, G., Firdaus, E., & Anwar, S. (2019). Implementasi Pendidikan Toleransi Di Sekolah: Sebuah Kearifan Lokal di Sekolah Nahdlatul Ulama. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2), 162. https://doi.org/10.17509/t.v5i2.16752

FDK, Admin. (2019). Memutus Rantai Radikalisme di Sekolah. https://dakwah.unisnu.ac.id/memutus-rantai-radikalisme-di-sekolah. Diakses pada 21 Juli 2022

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2).

Ismail. (2021). Mewaspadai Radikalisme dan Intoleransi di Sekolah – Sekolah. https://www.infodenpasar.id/news/mewaspadai-radikalisme-dan-intoleransi-di-sekolah-sekolah/index.html. Diakses pada 21 Juli 2022

Kusnandar, V. B. (2022). Sebanyak 86,93% Penduduk Indonesia Beragama Islam pada 31 Desember 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/12/sebanyak-8693-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-31-desember-2021. Diakses pada 21 Juli 2022

Rahmi, P., & Hijriati. (2021). Proses Belajar Anak Udia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 7(1), 141–154.

Ramadhan, M. R. (2021). Implikasi Era Society 5 . 0 dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 72–77. https://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/36

Sahal, M., Musadad, A. A., & Akhyar, M. (2018). Tolerance in Multicultural Education: A Theoretical Concept. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 115. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.212

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53.

Selvia, S., Rahmat, M., & Anwar, S. (2018). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Terhadap Konsep Moderasi Beragama. 24(1), 1–11.

Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integration Of Religious Moderation In The Development Of. 18(3), 355–368.

Yanti, B. Z., & Witro, D. (2020). Islamic Moderation as A Resolution of Different Conflicts of Religion. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 446–457. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.127


Refbacks

  • There are currently no refbacks.