Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an Peserta Didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus

Ainiya Nur Itsnaini, Mufatihatut Taubah, Muzdalifah Muzdalifah, Husni Mubarak

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji dependability dan uji confirmability Analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan.  Hasil dari penelitian antara lain; (1) strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik yaitu menggunakan metode taqriri, metode talaqqi dan metode tasmi’. (2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi guru tahfidz terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari  diri peserta didik sendiri berupa minat, bakat dan kecerdasan dalam menghafal Al Qur’an. Faktor eksternal berasal dari luar diri peserta didik yaitu lingkungan sosial disekitar peserta didik, motivasi guru, dorongan dari orang tua dan tempat menghafal. Faktor penghambat dalam penerapan strategi guru tahfidz adalah kurangnya minat peserta didik dalam menghafal Al Qur’an, peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur’an, sarana dan prasarana dan ruangan kelas yang belum bisa kondusif.


Full Text:

PDF

References


Al Hafidz Ahsin Wijaya, Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an Jakarta : PT Bumi Aksara, 2005

Alif, Veliza Azzahra Nor wawancara oleh peneliti, 12 Maret 2022 , wawancara 4,transkip

Amrullah, Fahmi, Ilmu Al-Qur’an Untuk Pemula, Jakarta: CV. Artha Rivera, 2008

Anggraeni, Novita Eka, Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan di Era Globalisasi, Jurnal ScienceEdu 02 No 1 (2019)

Az Zawawi, Yahya Abdul Fattah. Revolusi Menghafal Al Qur’an.Surakarta, Insan Kamil, 2018

Azwar, Syaifuddin Metode Penelitian Yogyakarta : Pustaka Pelajar,2001

Babuta, Asma is dan Abdul Rahmat, Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok, Al Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 03, no. 01 (2019)

Baso, Abd Samad dan Said Saipuddin, Makna Menghafal Al Qur’an Bagi Masyarakat Kampung Lempangeng Desa Boddie Kec Mandalle Kab Pangkep, Al Tafaqquh : Journal of Islamic Law, Fakultas Agama Islam UMI, 1 No 1 (2020)

Hidayatusahiro, Fatkul Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengahafal Al Qur’an dengan metode ritme otak di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo, IAIN Ponorogo, 2021

Husna, Mazidatul, Samsu Madyan dan Qurroti A’yun, Strategi menghafal Al Qur’an pada santri mahasiswa pondok pensantren tahfidzul Qur’an Nurul Furqon Malang, Jurnal Pendidikan islam 6 No 4, (2021)

Majid, Abdul Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2017

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2017

Marjuan, Strategi Pelaksanaan Menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an dan Alim Al Mundziri, Pembangunan Panca Budi Medan, 2019

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013.

Mubarokah, Syahratul Strategi Tahfidz Al Qur’an Mu’allimin dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan, Jurnal Penelitian Tarbawi 4, No 1 (2019)

Saekan, Mukhamad, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kudus : Nora Media Enterprise Kudus,2010

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Khidupan Masyarakat, Jakarta : Mizan, 2012

Sholeha, Amalia dan Muhammad Dahlan Rabbanie, Hafalan Al Qur’an dan Hubungannya dengan Nilai Akademis Siswa, Jurnal Pendidikan Islam 17, No 2 (2020)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,Bandung : Alfabeta,2014

Wahab, Rohmalina Psikologi Belajar, Depok : PT Rajagrafindo Persada, 2016

Woldkowski,Raymond J dan Judith H. Jaynes, Motivasi Belajar, Depok : Cerdas Pustaka, 2004

Yestiani, Dea Kiki dan Nabila Zahwa, Peran Guru dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Pendidikan Dasar 4, no 1(2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.