Implementasi Nilai-Nilia Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidz AL-Quran AL-Mansyur)

Abdul Azis, Djamaluddin Perawironegoro

Abstract


Nilai-nilai moderat beragama sangatlah penting untuk diterapkan di satuan pendidikan baik pendidikan formal maupun non-formal. Dalam penerapannya nilai-nilai moderat beragama maka perlu adanya pengembangan kurikulum kususnya pendidikan Agama Islam agar program moderat beragama yang digenjarkan oleh Kemenag bisa berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai moderat beragama dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam yang telah diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah sedangkan objeknya adalah moderisasi beragama dalam kurikulum pendidikan agama Islam di pondok pesantren Tahfidz Al-Quran Al-Mansyur usia SMP. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, serta wawancara dimana peneliti mewawancarai mudir pondok pesantren tahfidz al-Quran Al-Mansyur selaku pengembang serta pelaksana kurikulum pendidikan Agama Islam model moderisasi beragama. Teknik analisis data menggunakan teknik Milen dan Hubberman dimana dalam analisis data melalui tiga tahap penelitian yakni reduksi data, display data, kemudian kesimpulan. Dalam penelitian ini penyajian data bersifat naratif (Sugiyono, 2015) Hasil dari penelitian ini bahwa Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Al-Mansyur dalam penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui tiga kegiatan yakni kegiatan intra kurikuler, ekstra kurikuler, serta adabul yaumiyyah baik yang dilakukan setiap hari maupun dilakukan hari-hari tertentu saja. Dari ketiga kegiatan kurikulum tersebut terdapat nilai-nilai moderat beragama yakni keadilan, keseimbangan, kebaikan, hikmah, keistiqomahan, serta toleransi dalam segala kegiatan di masing-masing kegiatan pengembangan kurikulum

Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2020). Model Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Di Iain Pontianak. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(3), 405. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.238

Darmayanti, & Maudin. (2021). Pentingnya Pemahaman dan Implementasi Moderasi Beragama dalam Kehidupan Generasi Milenial. Syattar, 2(1), 40–51. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/888

Dedi Slamet Riyadi, & Syafaat, M. (2019). Moderatisme Islam Kumpulan Tulisan Para Penggerak Moderasi Beragama. Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.

Hidayah, V. R., & Azizah, N. (2021). implementasi Nilai-nilai moderasi beragama dalam TPQ melalui kegiatan mengaji Al-Qur’an di TQ Nurul Khikmah. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 1(2), 159–167. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/978

Munawwir, A. W. (1984). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Pustaka Progesif.

Nirwana, A. B., & Sucipto, H. (2020). Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTs Muhammadiyah (F. Setiawan, Ngadimun, & A. Madani (eds.)). Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Prasetio, D. E., & Huda, M. A. N. (2022). Urgensi Pembelajaran Moderasi Beragama Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Yaspira Ngambon Bojonegoro Jawa Timur. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(1), 28–34. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/article/view/4225

RI, K. A. (2019). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Sari, A. A. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. In Januari 2020. IAIN Bengkulu.

Subhi, M. (2019). Modul Training of Trainer untuk Auditor Promosi Toleransi dan Moderasi Beragama. Pustaka Masyarakat Setara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750

Susanti, L. D., & Mala, A. (2021). Moderasi Agama Di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Kota Metro. Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 21–40.

Wulan, N. S., & Fajrussalam, H. (2021). Pengaruh Literasi Membaca terhadap Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 6(1), 372–385. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1927

Zakaria, M. H. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Sekolah (Penelitian di SMAN 1 Bandung). Institut Agama Islam Darussalam Ciamis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.