Penerapan Strategi dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan Melalui Pemanfaatan E-Commerce

Rahmadona Atik Indriasari

Abstract


Saat ini dihadapi oleh perkembangan zaman yang kian serba instan, bahkan transaksi jual beli tidak perlu repot untuk memeriksa bahan atau kondisi yang akan dibeli. Saat ini semua serba canggih dengan menggunakan platform e-commerce. Persaingan yang ketat secara offline mengharuskan banyak usaha berkecimpung di dunia bisnis online melalui platform e-commerce yang tersedia. Penjualan terus meningkat karena memanfaatkan platform e-commerce tersebut. Tetapi tidak sedikit pula pelanggan yang kurang puas atas kinerja, pelayanan ataupun produk yang mereka miliki. Hingga hal ini membuat para konsumen beralih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang diperlukan untuk mempertahankan konsumen, dan dampak apa saja yang timbul dari tiap-tiap strategi yang akan digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah menggunakan metode kajian kualitatif dengan studi pustaka sebagai pendekatannya. Sumber data berasal dari publikasi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yaitu pengumpulan data sekunder seperti artikel, media online, dan data-data pendukung lainnya juga menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu strategi-strategi apa yang perlu diterapkan dalam upaya mempertahankan bahkan meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan, sedikit perusahaan yang lebih memilih mempertahankan konsumen lama dibanding hanya terus mencari konsumen baru tetapi tidak menjaga konsumen yang ada. Kebanyakan hanya ingin terus menambah konsumen baru, tanpa mengetahui mengapa berangsur-angsur konsumen lama mulai beralih dan mencari pemasok baru. Apalagi dalam jangka waktu panjang, situasi pasar terus berubah, banyak pesaing baru yang akan terus memiliki inovasi-inovasi baru. Dan untuk mempertahankan diri dalam situasi pasar seperti ini, perusahaan pasti memerlukan strategi-strategi untuk mengantisipasi hal tersebut terutama dalam menjaga loyalitas kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Aribowo, W. &. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 71.

Erawati. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Bisnis E-Commerce . Jurnal Ilmu Sosial, 313.

H, S. (2021). Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Dagang Maju. Studi pada Usaha Dagang Maju, 3.

Hasan, I. &. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Studi Kewirausahaan , 42.

Hoe, L. C. (2018). The Effects of Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty : Evidence from Malaysian Engineering Industry. International Journal of Industrial Marketing, 20.

Lie, D. (2019). Analysis of Mediation Effects of Consumer Satisfaction on the Effect of Service Quality, Price and Consumer Trust on Consumer Loyalty. International Journal of Industrial Marketing, 421.

Lukiyanto. (2019). The Role of Satisfaction as Moderation to the Effects of Relational Marketing and Customer Value on Customer Loyalty . International Journal of Innovatio, Creativity and Change, 108.

Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Mutmainnah. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 207.

Nurochim, N., & Ngaisah, S. (2021). Analisis Isi Sikap Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 37–52. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.29

Ratu, K. (2019). Penerapan Strategi Dalam Meningkatkan Bisnis Perusahaan. Skripsi.

Septiani, G. (2020). Pengaruh Lingkungan Bagi Kecerdasan Siswa Secara Intelektual, Emosional , Sosial, dan Spiritual. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 47–58. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/6

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.