Eksplorasi Kebhinekaan Global Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar

Siti Khoeratunisa, Resti Yektyastuti, Fachri Helmanto

Abstract


Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya pemerintahan bagi dunia pendidikan di Indonesia dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat melalui pendidikan dengan pembentukan perilaku siswa dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila seperti memiliki jiwa berkebhinekaan global dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun diluar sekolah atau lingkungan rumah. Dengan begitu siswa akan menyadari keberagaman, menghormati dan melestarikan setiap budaya yang tidak menutup kemungkinan dari perkembangan budaya secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebhinekaan global dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas V sekolah daar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan model pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data melalui bracketing, intuiting, analyzing dan describing. Teknik analisis di dalam penelitian ini menggunakan Nvivo 12 Plus for windows. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Responden penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 2 guru kelas V dan 6 siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, kebhinekaan global dalam proyek profil pelajar Pancasila yaitu meliputi Bogor Ngaos, gotong royong, menghargai antar sesama, menghargai tradisi, saling bekerja sama, mengenalkan pakaian adat, tarian daerah, lagu daerah, merayakan hari nasional, tidak memilih-memilih teman, menghargai pendapat, selalu berpakaian sesuai aturan sekolah yang telah disepakati agar memiliki tanggung jawab dan menumbuhkan suatu perubahan setelah adanya penerapan kebhinekaan global, serta memiliki beberapa tantangan pada peserta didik, sarana dan lingkungan keluarga. 


Full Text:

PDF

References


Amir Hamzah. (2020). Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan (N. A. Rahma (ed.)). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Fadhallah. (2021). Wawancara (1st ed.). UNJ PRESS.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fajar Rahayuningsih. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Greening, N. (2019). Phenomenological Research Methodology. Scientific Research Journal, VII(V). https://doi.org/10.31364/scirj/v7.i5.2019.p0519656

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Banyumas : CV. Pena Persada.

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307

Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(10), 6–14. https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/1053

Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.47400/jiees.v3i2.47

Ike Malaya Sinta. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Indonesia, U. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Vol. 4, pp. 147–173).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

KBBI Daring. (2016). Tanggung Jawab. 03 April 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Tanggung jawab

Kristi Jackson, P. B. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo (J. Seaman (ed.); 3rd ed.). SAGE.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya (Edisi 1). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8.

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Dan Penguatan Dan Penguatan P5 Bagi Guru Di Korwil I Bengkulu Utara. Jurnal Denhansen Untuk Negeri, 2(1), 47–52. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3542

Permendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Ristek, K. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf

Setiawan, E. (2019). Manajemen proyek Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web. Jurnal Teknik, 17(2), 84–93. https://doi.org/10.37031/jt.v17i2.50

Setyowati, K., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Kisi-kisi dan Prinsip-prinsip Profil Pelajar Pancasila. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(5), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3333/1876

Solchan Ghozali. (2020). Pengembangan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. MIYAH :Jurnal Studi Islam, 16(02), 515–524. https://doi.org/https://doi.org/10.33754/miyah.v16i2.566

Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. Acarya Pustaka, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12735

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, N. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). In Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jakarta 2021. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Penerbit Alfabeta, Bandung.

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149–159. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23608

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jpekd.41379.23.1.2022

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian KEpada Masyarakat, 3(2), 43–49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.