Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Pembuatan Kenteng di Kudus

Eka Nurul Amalia, Putri Nur Malasari

Abstract


Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang kerap dianggap sulit oleh sebagian siswa. Padahal, matematika memiliki andil yang besar dalam kehidupan manusia. Salah satu hal yang dapat membantu siswa dalam belajar matematika dengan mudah ialah dengan menerapkan pembelajaran berbasis etnomatematika. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti berinisiatif melakukan eksplorasi pada aktivitas pembuatan kenteng di Kudus. Eksplorasi ini dilakukan agar dapat dijadikan bahan dalam menyusun bahan belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penggalian data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan empat orang produsen kenteng di Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Dalam penelitiannya, peneliti menemukan beberapa konsep matematika dalam proses pembuatan kenteng, diantaranya konversi satuan waktu, himpunan, peluang, dan beberapa konsep matematika lainnya. Dengan demikian, aktivitas pembuatan kenteng ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menyusun bahan belajar yang sesuai dengan siswa di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Amelia, Iir, Syamsuri Syamsuri, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, dan Abdul Fatah. (2022). “Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2) 1720–30. Diunduh dari https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1410

Arikunto, Suharsini. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara, (2013), 150.

Babys, Urni. “Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1, no. 2 (2017): 43. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82

Bagiyono, “Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat I”, Widyanuklida, Vol.16 No. 1, November 2017, 3-4.

Fakhriyana, Dina, Mardiyana, dan Dyah Ratri Aryuna. (2018). “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment ( PISA ).” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2 (6) 421–34.

Hawa, A. M. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Bertipe PISA.

Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014, 890–900.

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Mawardi, dan Diah eka Pratiwi. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis.” Jurnal Basicedu, 4

(2) 288–94.

Masfufah, Risma, dan Ekasatya Aldila Afriansyah. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10, no. 2 (2021): 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

OECD. (2009). “The PISA 2009 Assessment Framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills”. Paris: OECD.

OECD. (2018). “PISA 2018 Result Combine Executive Summaries”. I, II, & III. Inggris:OECD.

Ojose, B. (2011). “Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn into Everyday Use?” Journal of Mathematics Education, Education for All, June 2011, Vol.4, No. 1, pp.89-100. Diperoleh 23 Desember 2022 dari http://educationforatoz.com/ images/8.Bobby_Ojose_--

_Mathematics_Literacy_Ae_We_Able_To_Put_The_Mathematics_We_Learn_Into_ Everyday_Use.pdf

Pernandes, Ozi, dan Adi Asmara. (2020). “Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning Di SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5 (1) 140–47. Diunduh dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10724/5341

Rahmawati, Nofiana Ika. (2018). “Pemanfaatan ICT Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” Prisma, 1 381. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606/9529

Rahmawati, P. (2017). Mengenal Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugianto, Hendry, Amin Suyitno, dan Tri Sri Noor Asih. (2022). “Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-Learning Terhadap Kemampuan Literasi

Matematis MTs.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6 (1) 145. Diunduh dari https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6264

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta, 14.

Sudijono, Anas. (2006). “Pengantar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 389.

Wardhani, A.K. (2018). “Pengembangan soal matematika model PISA level 5 untuk program pengayaan SMP”. Journal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 1-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.