Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa MA DARMA Pati

Alya Nur Ramadhani, Fina Tri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran realistik bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis jika ditinjau dari resiliensi matematis siswa di kelas XI MA PPKP Darul Ma’la Pati. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dan sampel dikumpulkan secara random sehingga terpilih kelas eksperimen di XI IPA 2 dan kelas kontrol di XI IPA 1. Hipotesis uji yang digunakan adalah uji T-test dan uji Two Way Anova. hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberikan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberikan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari resiliensi matematis siswa; 3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan resiliensi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya penerapan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari resilensi matematis siswa XI MA PPKP Darul Ma’la.


Full Text:

PDF

References


Attami, D. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dan Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sragen [UNS (Sebelas Maret University)]. diunduh dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/75713/Eksperimentasi-Model-Pembelajaran- Connecting-Organizing-Reflecting-Extending-dan-Creative-Problem-Solving- terhadap-Kemampuan-Pemecahan-Masalah-Matematis-Ditinjau-dari-Resiliensi- Matematis-Siswa-Kelas-VIII-SMP-Negeri-di-Kabupaten-Sragen

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/350

Heryan, U., & Zamzaili, Z. (2018). Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1).

Husna, M. M., Faradiba, S. S., & Wulandari, T. C. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis (Vol. 16, Issue 12).

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1). https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2015). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup - Google Books. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Landasan_Pendidikan_Dasar_Pengenalan_Dir

/7BVNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Priya Dasini. (2021). Analisis PendekatanMatematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–10.

Priyadasini. (2021). Analisis Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Ramadani, & Muhandaz, R. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Math Educa Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.0 02%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.100 2/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090 409500205%0Ahttp:

Rosa, V., Halini, H., & Hamdani, H. (2021). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1). https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48050

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan Vba Microsoft. https://www.google.co.id/books/edition/KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_ DAN_RESILIENS/R2IXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=resiliensi+matematis&pg= PT13&printsec=frontcover

Safitri, R. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Darul Imad Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2017/2018 - IDR UIN Antasari B [UIN Antasari]. In UIN Antasari. https://idr.uin-antasari.ac.id/9900/

Syafitri, D. ayu, & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi MatematisSiswa Di MTs Swasta An-Naas Binjai. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1.28665

Wahyuni, F. T., Arthamevia, A. T., & Kurniawan, G. (2020). Efektivitas Strategi REACT Berbasis Keislaman terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 109–126. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8635

Yulianti. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa SMP/MTs [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru]. https://repository.uin-suska.ac.id/65581/1/GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.