Telaah Buku Ajar Matematika Berorientasi STEM Context Terintegrasi Challenge Based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Annisa Wulandari, Adi Satrio Ardiansyah, St. Budi Waluya

Abstract


Salah satu kemampuan yang ditekankan pada abad 21 sekaligus menjadi fokus utama di dunia pendidikan modern adalah kemampuan berpikir kreatif. Faktanya kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia masih rendah. Hal ini berdasarkan hasil skor PISA dan TIMSS yang sangat rendah dan jauh dari rata-rata Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah buku ajar matematika berorientasi STEM context terintegrasi challenge based learning berbantuan wordwall terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis artikel dan buku yang diterbitkan dari tahun 1997 sampai tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil studi literatur menunjukkan buku ajar yang beorientasi STEM contex mampu menghadirkan permasalahan kontekstual yang mendukung kemampuan berpikir kreatif. Model challenge based learning mampu menghadirkan tantangan dalam bentuk tim kolaboratif yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikannya. Games wordwall mampu menarik minat siswa, di mana minat siswa dalam belajar dapat memberikan pengaruh positif pada kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu, buku ajar matematika berorientasi STEM contex terintegrasi challenge based learning berbantuan wordwall dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.


Full Text:

PDF

References


Andini, R., Winarti, E. R., & Mintarsih, M. (2022, February). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5. 467-474. Diunduh dari

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/54566/21076

Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018). Student’ s Creative Thinking Skill and Belief in Mathematics in Setting Challenge Based Learning Viewed by Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61-70. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/download/24217/11170

Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2020, June). Challenging students to improve their mathematical creativity in solving multiple solution task on challenge based learning class. In Journal of Physics: Conference Series 1567 (2) 022088). IOP Publishing. Diunduh dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1567/2/022088/pdf

Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022, February). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 5, 627-637. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/54700/21127

Bahrum, S., Wahid, N., & Ibrahim, N. (2017). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Science 7 (6) 645. Diunduh dari https://www.academia.edu/download/67051405/85b385cd70250490d369a8077fda17a b513e.pdf

Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2020). Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 88-96. Diunduh dari https://e- journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/2331/1756

Ekayana, S. D., Hermanto, D., & Affaf, M. (2020). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Perbedaan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 165. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7605

English, L. D., & King, D. T. (2015). STEM learning through engineering design: fourth- grade students’ investigations in aerospace. International Journal of STEM Education, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40594-015-0027-7.

Firdaus. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. 12(01), 103–114. Diunduh dari https://scholar.archive.org/work/5bdt7jp2jffmjh4p5ai42334xa/access/wayback/https:// stitaf.ac.id/journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/download/114/254

Hanif, S., Wijaya, A. F. C., & Winarno, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning, 2(2), 50. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.13271

Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003. Diunduh dari https://scholar.archive.org/work/sjvq7bjjunhbrpu65ipfykyzae/access/wayback/http://ju rnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/download/7063/pdf_99

Jawad, L. F., Majeed, B. H., & Alrikabi, H. T. S. (2021). The Impact of Teaching by Using STEM Approach in The Development of Creative Thinking and Mathematical Achievement Among the Students of The Fourth Scientific Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(13), 172–188. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i13.24185

Johnson, L. and Adams, S., 2011. Challenge based learning: The report from the implementation project (pp. 1-36). The New Media Consortium.

Kamalasari, A.F., Sukestiyarnob, Y.L. and Cahyono, A.N., 2019. Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 2(1) 60-63. Diunduh dari https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/246/207

Komarudin, K., Nabilla, G. A. F., Bahri, S., Puspita, L., & Afandi, M. (2022). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Berbantuan Appypie: Studi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 257-272. Diunduh dari https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jtm/article/download/6610/2157

Kurniawan, A., & Masjudin. (2017). Pengembangan buku ajar Microteaching perbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Diunduh dari https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Semnas/article/download/166/157

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Martin, M. O., & Mullis, I. V. S. (2015). TIMSS International results in science_2015.

Masri, A. S., Nuryatin, A., Subyantoro, S., & Doyin, M. (2022, September). Dongeng sebagai Media Penanaman Keterampilan Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 5(1) 85-92. Diunduh dari https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/1434/936

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605-5613. Diunduh dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2815/1582

Mulyani, T. (2019). Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi revolusi industry

0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 453-460. Diunduh dari

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351

Niam, M. A., & Asikin, M. (2021). Pentingnya aspek stem dalam bahan ajar terhadap pembelajaran matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 329-335. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/44975/18385

Nichols, M., Cator, K., Torres, M., dan Digital Promise and The Challenge Institute. (2016).

Challenge Based Learner User Guide. 59.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2). Diunduh dari https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/download/455/259

Novyanti, N., Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Instruksional, 4(1). Diunduh dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/download/13250/7750

Octaviyani, I., Kusumah, Y.S. and Hasanah, A., 2020. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model project-based learning dengan pendekatan stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), pp.10-14. Diunduh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/viewFile/24569/11850

OECD. (2015). Result from PISA 2015. From https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015- Indonesia.pdf

OECD. (2018). Result from PISA 2018. From https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Pratiwi, R.A., Djatmika, E.T.,Sulton. (2018). Buku Ajar Tematik Berbentuk Cerita Anak dengan Permainan Teka-teki Silang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 3(11). 1483 – 1487.

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11773

Rahayu, P., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 385-394. Diunduh dari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/download/5901/4972

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan teori piaget dan vygotsky ruang lingkup bilangan dan aljabar pada siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65-76. Diunduh dari https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/download/886/783

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Silver, E. A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. ZDM, 29(3): 75-80

Sukmagati, O. P., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. UPEJ UNNES Physics Education Journal, 9(1), 18-26. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/38277/15779

Susilawati, S., Pujiastuti, H. and Sukirwan, S., 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2) 512-525. Diunduh dari https://j- cup.org/index.php/cendekia/article/download/244/160

Tustin, F. (2021). Autistic states in children. In Autistic States in Children. https://doi.org/10.4324/9781003090366

Widianto, E., 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), pp.213-224.

Yoosomboon, S. and Wannapiroon, P., 2015. Development of a challenge based learning model via clou d technology and social media for enhancing information management skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, pp.2102-2107. Diunduh dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815013166/pdf?md5=414 08559aa41f0b4cba1eff0053b3d3a&pid=1-s2.0-S1877042815013166-main.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.