Integrasi Nilai-nilai Qur’ani pada Pembelajaran Aljabar

Fadillatul Muqoddaroh, Putri Nur Malasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mengintegrasikan nilai-nilai Qur’ani pada pembelajaran aljabar. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, data-data tentang integrasi nilai-nilai Qur’ani pada pembelajaran aljabar dikumpulkan dari sumber-sumber online dan offline. Data tersebut dianalisis agar menjadi suatu informasi yang koheren dengan tujuan penelitian, sehingga menghasilkan tiga point pembahasan, yaitu adil dalam aljabar, dermawan dalam aljabar, dan sabar dalam aljabar. Adil dalam aljabar ketika diintegrasikan dengan nilai-nilai Qur’ani dapat ditemukan dalam Q.S. Al-Zalzalah ayat 7-8 dengan analogi tanda " = " sebagai keadilan antar kedua ruas. Dermawan dalam aljabar ketika diintegrasikan dengan nilai-nilai Qur’ani dapat ditemukan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 261 dengan analogi tanda " = " sebagai balasan berlipat ganda atas sebuah kedermawanan. Sedangkan sabar dalam aljabar ketika diintegrasikan dengan nilai-nilai Qur’ani dapat ditemukan dalam Q.S. Al- Baqarah ayat 234 yang dapat digunakan untuk menghitung masa iddah seorang perempuan yang ditinggal mati suaminya. Tujuan dihitungnya masa iddah agar seorang perempuan mengetahui batas waktu menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan ketika masa iddah berlangsung agar tujuan dari disyariatkannya masa iddah dapat tercapai.

Kata kunci: Aljabar, Nilai-nilai Qur’ani, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Quran, 1–16. Diunduh dari http://repository.uin-malang.ac.id/1934/

Al Asy’ari, A. (2018). Peningkatan Sikap Dermawan dalam Perspektif Imam Al Ghazali. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo. Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/195497822.pdf

Al Hikam, F. M., Santoso, K., & Wiono, D. F. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moral Peserta Didik di MTs Muallimin NU Kecamatan Sukun Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 7(4), 115–121. Diunduh dari http://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/16578.

Aslan. (2018). Makna Kurikulum Terhadap Teori Tentang Belajar pada Perubahan Perilaku Anak Didik. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 1(2), 56–65. Diunduh dari https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/569.

Assidiq, R. M. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran Tentang Sikap Adil (Kajian Tafsir Al-Misbah Surat An-Nahl Ayat 90). Skripsi, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap. Diunduh dari https://repository.unugha.ac.id/1124/1/NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN.pdf

Aziizu, B. (2015). Tujuan Besar Pendidikan adalah Tindakan. Prosiding Penelitian & Pengabdian Masyarakat, 2(2), 295–300. Diunduh dari http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13540.

Azzuhri, M. (2009). Pendidikan Berkualitas (Upaya Menuju Perwujudan Civil Society). Jurnal Forum Tarbiyah, 7(2), 143–156. Diunduh dari https://e- journal.uingusdur.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/258.

Hafsah, Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 7(1), 312–321. Diunduh dari http://polgan.ac.id/owner/index.php/owner/article/view/1260.

Herutomo, R. A., & Saputro, Tri, E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII pada Materi Aljabar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 134–145. Diunduh dari https://www.researchgate.net/profile/Rezky- Herutomo/publication/333997441_ANALISIS_KESALAHAN_DAN_MISKONSEPS I_SISWA_KELAS_VIII_PADA_MATERI_ALJABAR/links/5def785fa6fdcc2837148 ec1/ANALISIS-KESALAHAN-DAN-MISKONSEPSI-SISWA-KELAS-VIII-PADA- MATERI-

ALJABAR.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail

Huda, M., & Mutia. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Fokus: Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182–199. Diunduh dari http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/310.

Jamhuri, & Juliara, I. (2017). Penggabungan Iddah Wanita Hamil dan Kematian Suami (Analisis Terhadap Pendapat Mazhab Syafi’i). Samarah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 1(1), 226–247. Diunduh dari https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/samarah/article/view/1581.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Magfuroh, W. (2021). Iddah dan Ihdad Bagi Wanita Karir Menurut Pandangan Hukum Islam. Jurnal IUS, 9(1), 1–13. Diunduh dari https://ejournal.upm.ac.id/index.php/ius/article/view/763.

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. Diunduh dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6668.

Miskahuddin. (2020). Konsep Sabar dalam Perspektif Al- Qur’an. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah, 17(2), 196–207. Diunduh dari https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/almuashirah/article/view/9182.

Ni’mah, N. (2022). Integrasi Konsep Aljabar dalam Kehidupan Nyata Terhadap Aktualisasi Nilai Al-Qur’an. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Diunduh dari http://e- repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/14388/

Nursyamsu. (2019). Amtsal Al-Quran dan Faidah-Faidahnya (Kajian Q.S. Al-Baqarah Ayat 261). Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 5(1), 46–59. Diunduh dari http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3479.

Raharjo, N. P. (2018). Becik Ketitik Ala Ketara Kaitan dengan Surah Al-Zalzalah Ayat 7-8 dalam Penyampaian Pesan Dakwah di Masyarakat. Wasilatuna : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 80–99. Diunduh dari https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/wasilatuna/article/view/385.

Robiha, A. N. (2020). Konsep Pembelajaran Aljabar dalam Perspektif Al-Qur’an. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Diunduh dari https://repository.uinsaizu.ac.id/8916/

Setiawan, B. (2015). Infaq dalam Tafsir Al- Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 261. Islamic Banking, 1(1), 59–67. Diunduh dari https://ejournal.stebisigm.ac.id/index.php/isbank/article/view/17.

Suri, S. I., Damaiyanti, S., & Gita, L. P. (2022). Hubungan Self Control Dengan Kenakalan

Remaja Di SMK Pembina Bangsa Kota Bukittinggi. Jurnal Ilmu Kesehatan ’Afiyah, 9(1), 54–61. Diunduh dari http://ejournal.stikesyarsi.ac.id/index.php/JAV1N1/article/view/209/273.

Tahir, M. T. (2021). Religious Integration in Science Learning in Madrasah. Al-Muta’aliyah: Journal of Islamic Education, 6(1), 19–36. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/349851173_Religious_integration_in_scienc e_learning_in_madrasah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.