Implementasi Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Transferring) Berbasis Etnomatematika Menara Kudus untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP

Nurul Layalil A’dadiyyah, Putri Nur Malasari

Abstract


Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kudus merupakan landasan penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan akhir dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika budaya lokal Kudus dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII-D SMP 2 Jekulo yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VII-H SMP 2 Jekulo yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika Menara Kudus. Siswa mengerjakan pretest dan posttest kemampuan koneksi matematis pada materi bangun datar segiempat. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan akhir koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika budaya lokal Kudus lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT berbasis etnomatematika budaya lokal Kudus lebih baik secara signifikan daripada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil temuan ini mengimplikasikan bahwa model REACT berbasis etnomatematika budaya lokal Kudus dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP.


Full Text:

PDF

References


Crawford, Michael L. Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement. Texas: CCI Publishing, 2001.

Hardiarti, Sylviyani. “Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi.” Aksioma 8, no. 2 (2017): 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707.

Ida Lydiati. “Peningkatan Koneksi Matematis Pada Materi Transformasi Geometri Menggunakan Strategi Pembelajaran REACT Berbantuan Media Motif Batik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 5, no. 1 (2020): 25–33. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.109.

Iskandar, Nehru, dan Cicyn Riantoni. Penelitian Campuran (Konsep, Prosedur, dan Contoh Penerapan). Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2021.

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Masamah, Ulfa. “Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus.” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2018): 123–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882.

NCTM. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc, 2000.

Nugraha, Agil Arif. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Suska Journal of Mathematics Education 4 (2018): 59–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.4579.

Ratnasari, Devi. “Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Konsep Bangun Ruang.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2016. http://repository.upi.edu/id/eprint/22578.

Rohaeti, Euis Eti, Heris Hendriana, dan Utari Sumarmo. Pembelajaran Inovatif Matematika: Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2019.

Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Peni Febriani, dan I Nyoman Wirne. “Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03, no. 02 (2018): 171–76. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521.

Septiawan, Wawan. “Pendidikan Matematika untuk Membangun Karakter Kebangsaan.”

Procediamath 1, no. 1 (2017): 60–70.

Solikhah, Mar’atus. “Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model REACT Berbasis Etnomatematika.” Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.

http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39931.

Suherman, Erman. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA UPI, 2008. Sulistyaningsih, Dwi, dan Martyana Prihaswati. “Pembelajaran Matematika Dengan Model

REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Materi Dimensi

Tiga Kelas X.” Jurnal Karya Pendidikan Matematika (JKPM) 2, no. 2 (2015): 8–

https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p.

Suryaningtyas, Beatrik, dan Leli Halimah. “Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas V SD.” Antologi UPI 5, no. 1 (2017): 90–98.

Tosho, Tim Gakko. Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.

Ulya, Iik Faiqotul, Riana Irawati, dan Maulana. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 121–30. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940.

Umar, Umar, Arif Widodo, Mohammad Archi Maulyda, Ashar Pajarungi Anar, dan Deni Sutisna. “Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2020): 250–60. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2705.

Yolanda, Fitriana, dan Putri Wahyuni. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2020): 1–7. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4750.

Yuliati, Lia. Model-Model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktik. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pembelajaran Universitas Malang, 2008.

Zaenuri, A. N. Cahyono, dan N. Dwidayanti. “Exploration on Ethnomathematics Phenomena in Kudus Regency and its Optimization in the Mathematics Learning.” Journal of Physics: Conference Series 1387, no. 1 (2019): 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.