Metode Belajar Jaritmatika Berkontribusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Feby Kusuma Ningrum, Dina Rahmawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan menggunakan metode jaritmatika bagi siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani yang berjumlah 18 siswa terdiri 5 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan (planing), tindakan (implementing), mengamati (Observing), serta refleksi (reflecting). Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% dari keseluruhan siswa mampu berhitung penjumlahan matematika menggunakan metode jaritmatika dengan baik (independent level). Hasil siklus 1 menunjukan bahwa masih ada 6 siswa belum mencapai kemampuan berhitung penjumlahan matematika menggunakan metode jaritmatika dengan baik (independent level). Sedangkan dari siklus 2, seluruh siswa kemampuan berhitung penjumlahan matematika menggunakan metode jaritmatika dengan baik (independent level). Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan prestasi hasil belajar Matematika siswa materi penjumlahan setelah diterapkan metode Jaritmatika dalam Pembelajaran Matematika materi Penjumlahan.


Full Text:

PDF

References


Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(80), 555–564. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(80), 555–564. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933

Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137–143.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Lutfia, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 32–35. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.2033

Lutfia, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 32–35. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.2033

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rosa, A. (n.d.). Buku Jarimatika Septi Peni Wulandani.

Rosyid, M.Z. (2021). Prestasi Belajar. CV Literasi Nusantara Abadi

Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 146. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097

Sonya, S., & Lubna, A. (2017). Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI Kelas I.

Tirtarahardja, Umar & Sulo, S. L. La. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas & Rineka Cipta

Trifiana Azelia.(2020). Kenali Jaritmatika, MrtodeHitung Cepat Dengan Jari. Diunduh dari https://www.sehatq.com/artikel/jarimatika-visualisasi-berhitung-hanya-dengan-10- jari

Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar.

Awwaliyah:Jurnal PGMI, 2(1), 45–68.

Utami, I. W. P. (2012). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Siswa Kelas III SDN Juwet 2 Kabupaten Kediri. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Walle, John A. Van De. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah (Jilid 1).

Terjemahan Suyono.2008. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.