Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Masalah pada Kurikulum Merdeka melalui Eksplorasi Tradisi Syawalan Lopis Raksasa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Nur Ivo Karina Zuhri, Amanda Putri Meirani, Nanda Akmala Fauzi, Adi Satrio Ardiansyah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan menerapkan pembelajaran matematika berbasis masalah bernuansakan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi pada tradisi di kota Pekalongan yaitu lopis raksasa terkait dengan etnomatematika dalam pembelajaran matematika berbasis masalah, yaitu pada materi bangun ruang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan study literatur review, dengan artikel-artikel jurnal nasional yang terakreditasi dari Google Scholar. Dapat dilihat bahwa implementasi lopis raksasa dalam pembelajaran matematika masih sedikit, sehingga diperlukan penelitian lanjutan mengenai lopis raksasa dalam pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh pembelajaran assurance, relevance, interest,

assessment, satisfaction berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan

Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61-74. Diunduh dari

http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2549

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis

dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran means end analysis.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446. Diunduh dari

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534

Barlian, & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada

SMK IBS Tathmainul Quluub. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. Diunduh

dari https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.74

Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika

Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). Diunduh dari

https://media.neliti.com/media/publications/502688-none-b5cb876d

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro

Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110. Diunduh dari https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Implementasi Etnomatematika Pada

Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya Di Kota Semarang. Prosiding Seminar

Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 447–453. Diunduh dari

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/issue/view/37

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah

peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, 1(2), 25-33. Diunduh dari

https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10025

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Implementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum

Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 3(4), 1120– 1132. Diunduh dari

https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.511

Sari, N., & Muttaqien, A. (2022). Pemecahan Masalah Bangun Ruang Bernuansa

Etnomatematika pada Siswa SMP. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi

Pendidikan Matematika, 3(1), 1-9. Diunduh dari

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2340

Sunanik, S. (2014). Perkembangan Anak ditinjau dari Teori Konstruktivisme. SYAMIL:

Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2(1), 14-14. Diunduh

dari https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.491

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul

berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM

(Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283. Diunduh dari

http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni,

Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar

Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika :

Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. Diunduh dari

https://Doi.Org/10.35569/Biormatika.V8i1.1186


Refbacks

  • There are currently no refbacks.