Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Masalah pada Kurikulum Merdeka melalui Eksplorasi Tradisi Syawalan Lopis Raksasa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan menerapkan pembelajaran matematika berbasis masalah bernuansakan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi pada tradisi di kota Pekalongan yaitu lopis raksasa terkait dengan etnomatematika dalam pembelajaran matematika berbasis masalah, yaitu pada materi bangun ruang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan study literatur review, dengan artikel-artikel jurnal nasional yang terakreditasi dari Google Scholar. Dapat dilihat bahwa implementasi lopis raksasa dalam pembelajaran matematika masih sedikit, sehingga diperlukan penelitian lanjutan mengenai lopis raksasa dalam pembelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh pembelajaran assurance, relevance, interest,
assessment, satisfaction berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan
Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61-74. Diunduh dari
http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2549
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran means end analysis.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446. Diunduh dari
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Barlian, & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada
SMK IBS Tathmainul Quluub. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. Diunduh
dari https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.74
Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika
Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). Diunduh dari
https://media.neliti.com/media/publications/502688-none-b5cb876d
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro
Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110. Diunduh dari https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Implementasi Etnomatematika Pada
Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya Di Kota Semarang. Prosiding Seminar
Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 447–453. Diunduh dari
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/issue/view/37
Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16
Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.
Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah
peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, 1(2), 25-33. Diunduh dari
https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10025
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Implementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum
Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 3(4), 1120– 1132. Diunduh dari
https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.511
Sari, N., & Muttaqien, A. (2022). Pemecahan Masalah Bangun Ruang Bernuansa
Etnomatematika pada Siswa SMP. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi
Pendidikan Matematika, 3(1), 1-9. Diunduh dari
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2340
Sunanik, S. (2014). Perkembangan Anak ditinjau dari Teori Konstruktivisme. SYAMIL:
Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2(1), 14-14. Diunduh
dari https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.491
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul
berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM
(Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283. Diunduh dari
http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni,
Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar
Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika :
Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. Diunduh dari
https://Doi.Org/10.35569/Biormatika.V8i1.1186
Refbacks
- There are currently no refbacks.