Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5

Yusup Junaedi, Dwi Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan awal literasi matematis siswa dalam menyelesaikan pretest asesmen kompetensi minimun (AKM) pada program kampus mengajar angkatan 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas V di SD Negeri 1 Bojongmenteng. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal AKM berupa pilihan ganda kompleks, pilihan ganda, menjodohkan, dan benar salah serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata kemampuan awal literasi matematis siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 23%. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti keterampilan siswa dalam operasi hitung bilangan, keterampilan memahami soal secara utuh, keterampilan guru melakukan variasi pembelajaran, kurangnya latihan soal non rutin berbasis cerita dan terbatasnya media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Aini, R. N. (2014). Analisis pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah aljabar

pada PISA. MATHEdunesa, 3(2).

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2021). Analisis rancangan assesmen

kompetensi minimum (akm) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal

Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., ... & Rindi

Wulandari, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada

Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hawa, A. M. (2015, October). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika

Bertipe PISA. In SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior

high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol.

, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Merdeka, M. B. K. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

OECD. 2013.PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading,

Science, Problem Solving and Financial Literacy.Paris: OECD Publishing

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran

matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and

Education, 5(9), 566-575.

Pendidikan, K. (2022). Kebudayaan.(2017). Gerakan literasi nasional. Online),(http://gln.

kemdikbud. go. id)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.