Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Terintegrasi Islam Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Himpuna

Muhammad Maulidani, Nurmalia Khoirunisa Zain, Ulfa Masamah

Abstract


Literasi matematis merupakan salah satu aspe penting untuk dimiliki siswa. Salah satu bahan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung kemampuan tersebut adalah Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terintegrasi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat validitas Unit Kegiatan Belajar Mandiri terintegrasi Islam dapat mendukung literasi matematis siswa pada materi himpunan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah berbasis penelitian dan pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan wawancara. UKBM telah divalidasi oleh ahli desain dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan UKBM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata persentase 89,37% dengan kriteria layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 80,67% dengan kriteria sesuai, dan penilaian ahli desain diperoleh rata-rata persentase 84,12%. Hasil penggunaan UKBM diperoleh skor ratarata 87,84% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa. UKBM tersebut memperoleh kriteria penilaian sangat tinggi dan memenuhi syarat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika serta layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika sebanding dengan materi untuk jenjang SMP/MTs. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini, perlu adanya pengembangan UKBM terintegrasi Islam sebagai salah satu fasilitas untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi

Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2),

–142.

Gunardi, E. (2017). Anaislis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP

PANGUDI LUHUR MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, 4, 9–15.

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021

Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika),

(1), 57–64.

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Journal Unnes,

, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0A

Minrohmatillah, N. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Dinjau dari Gaya

Belajar Siswa Kelas X IPA B MA Darul Hikmah Tulungagung. In IAIN

TULUNGAGUNG.

OECD. (2012). PISA 2012 Results in Focus.

OECD. (2015). PISA2015-Vol-1: Vol. I.

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. I, II, I.

www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP

pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif), 4(1), 27–38


Refbacks

  • There are currently no refbacks.