Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis STEM Design Thinking Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Seiring pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi di abad 21, kompetensi yang harus disiapkan dalam menghadapi abad 21 adalah critical thingking and problem, communication, creativity, and collaboration (4C). Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam membantu siswa pada proses pembelajaran. Hal ini menjadikan keterampilan berpikir kritis adalah salah satu tujuan utama Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentu diperlukan variasi model pembelajaran. Guru tentunya perlu melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model yang inovatif, sehingga dapat mengkondisikan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis. Model pembelajaran yang bisa mengkondisikan siswa dalam hal ini adalah Project-Based Learning berbasis STEM Design Thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran project-based learning berbasis STEM design thinking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental research dengan desain posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas kelas V SDN Sentul 03, yang berjumlah 91 siswa. Pengujian hipotesis yang digunakanadalah uji-t untuk menguji tingkat signifikansi dari pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa hasil uji-t diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran project-based learning berbasis STEM design thinking terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432.
Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915
Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.
Gloria, Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2022). Pengaruh project based learning dengan metode design thinking terhadap keterampilan berpikir kreatif padapembelajaran IPA kelas IV SD se-Kecamatan Laweyan. 4499.
Hairida, H. (2016). The effectiveness using inquiry based natural science module with authentic assessment to improve the critical thinking and inquiry skills of junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 209–215. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7681
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Ismawati, E., & Amertawengrum, I. P. (2023). Portrait of Education in Indonesia: Learning from PISA Results 2015 to Present. 22(1), 321–340.
Lestari, K. E., Yudhanegara, & Ridwan Anna, M. (2015). Panduan Praktis Menulis Skripsi, Tesis dan Karya Ilmiah. Bandung: Refika Aditama.
Liwa Ilhamd, Mohammad. Novita, Desi. Nur Kholifatur Rosyidah, A. P. M. P. I. T. T. K.
B. K. I. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Mahanal, S., Zubaidah, S., Bahri, A., & Dinnurriya, M. S. (2016). Empowering students’ critical thinking skills through Remap NHT in biology classroom Empowering students’ critical thinking skills through Remap NHT in biology classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(2), 11.
Meishanti, O. P. Y. (2020). Project Based Learning Berbasis Stem Design Thinking Process Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Biologi Umum. Eduscope, 05(02), 40–55.
Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1581. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15056
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pr
Refbacks
- There are currently no refbacks.