PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS AJARAN TAMANSISWA “TRI NGA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD

Haqqy Al Hasny

Abstract


Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Karangmojo Bantul. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui karakteristik media video pembelajaran berbasis ajaran Tamansiswa “Tri Nga” untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. 2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran berbasis ajaran tamansiswa “Tri Nga”. 3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar sesudah menggunakan media video pembelajaran IPA berbasis ajaran tamansiswa “Tri Nga”. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) oleh Sugiono yang telah dimodifikasi, terdiri dari enam langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, pengembangan produk awal, validasi desain, revisi desain, dan uji coba terbatas. Penelitian ini dilakukan di SD N Karangmojo Bantul dengan subjek penelitian uji coba terbatas 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) media video pembelajaran berbasis ajaran tamansiswa “Tri Nga” memiliki karakteristik: setiap kegiatan pembelajaran berisi kegiatan Ngerti, Ngroso, dan Nglakoni yang menarik untuk dipelajari oleh siswa. 2) kelayakan produk media video pembelajaran telah mendapatkan penilaian sangat baik dari validator ahli media memperoleh skor 92% dengan kategori sangat baik, oleh ahli materi memperoleh skor 100% dengan kategori sangat baik, oleh guru kelas V memperoleh skor 95% dengan kategori sangat baik. 3) peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran memperoleh 84% meningkat menjadi  91% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis ajaran tamansiswa “Tri Nga” untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dinyatakan layak digunakan dan memiliki kualitas sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Anon. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia NO. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Augusta, Gardenia. 2018. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar.” Skripsi.

Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. 2019. “Peranan MedFebrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.Ia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding DPNPM Unindra 2019 0812(2019):181–88.

Hasnunidah, N. 2017. Mtedologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Ismaniati, Christina. 2012. “Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Video Instruksional Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 119–20.

Kurniawan. 2017. Pendidikan Karkter Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi Dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nadziroh. 2017. “Implementasi Ajaran Ketamansiswaan TRI-NGA (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni ) Untuk Menanamkan Budi Pekerti Luhur Dalam Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Taman Cendekia 01(02):93–101.

Nurwahidah, Cut Dhien, Zaharah Zaharah, and Ibnu Sina. 2021. “Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 17(1). doi: 10.31000/rf.v17i1.4168.

Pujihastuti, Isti. 2010. “Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian.” Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah 2(1):43–56.

Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.

Steffi Adam, S.Kom., M.MSI. Dan Muhammad Taufik Syastra S.Kom., M. SI. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” CBIS Journal 3(2):78–90.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bnadung: Alfabeta.

Sulistyiorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya Dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Triharsiwi, Yuni Prihatni, Wani Endang Karyaningsih, and dkk. 2020. KETAMANSISWAAN. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Wardani, Kristi, and Ayu Rahayu. 2019. Media Pembelajaran SD: Paduan Teoritis Dan Praktis Mengembangkan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: K-Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.