APLIKASI INSAN: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NILAI KEISLAMAN

Khikmatul Arfiana

Abstract


Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan awal, penggunaan media dalam pembelajaran IPA belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berupa aplikasi android berbasis nilai-nilai keislaman pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMP. Materi sistem pernapasan disajikan dengan nilai-nilai Islami yang dilengkapi dengan gambar dan video yang mendukung selain itu terdapat kuis yang berisi ujian, permainan dan eksperimen sederhana. Metode tersebut adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC). Produk akhirnya berupa aplikasi android bernama INSAN. Validasi produk oleh ahli media memperoleh skor penilaian sebesar 96,59% pada kategori "Sangat Layak", kemudian ahli materi memperoleh skor penilaian sebesar 84,48% pada kategori "Layak". Setelah melalui validasi dan revisi sesuai komentar dan saran, produk ini kemudian diuji coba pada guru dan peserta didik IPA yang telah menerima materi sistem pernapasan. Skor penilaian guru sebesar 97,37% dengan kategori "Sangat Menarik" dan peserta didik mendapat skor 8,9% dengan kategori "Sangat Menarik". Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi INSAN dapat dikatakan layak dan dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan. Hasil penelitian dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan membantu peserta didik dalam belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (July 1, 2019). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.

Anidityas, Nurfa Anung, Nur Rahayu Utami, and Priyantini Widiyaningrum. “PENGGUNAAN ALAT PERAGA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII,” 2012, 10.

Arikunto, and Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2003.

Astuti, Irnin Agustina Dwi, Ria Asep Sumarni, and Dandan Luhur Saraswati. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3, no. 1 (June 30, 2017): 57.

https://doi.org/10.21009/1.03108.

Darmawan, Deni. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.Djudin, Tomo. “Menyisipkan Nilai Nilai Agama Dalam Pembelajaran Sains.” Jurnal

Khatulistiwa Journal Of Islamic Studies 1, no. 2 (2011): 151–60.

Fauzi, Rizqi, and Adieba Warda Hayya. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis STEM pada Topik Ekologi SMA (Development of STEM-Based Interactive E-Module on

Ecology Topic for Senior High Schools’ Student)” 5, no. 2 (2022): 9.

Jalil, Muhammad dkk. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Biologi. Sukabumi: Farha Puataka, 2021.

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Laelasari, I., & Maliyya, I. (2022). The Correlation Between Level of Knowledge on Immunological Materials With Healthy Life Style Awareness of Pre-service Biology Teachers. Bioeducation Journal, 6(2), 69–78.

Laurenty, Fretycia, and M Rahmad. “APPLICATION OF LEARNING BY SCIENCE INTEGRATION AND RELIGION APPROACH TO INCREASE STUDENTS MOTIVATION PHYSICS LEARNING,” n.d., 9.

Mulyani, Aty. “Aty Mulyani. Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam Dan Nilai-Nilai Untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1) (2018): 16–19.

Munadi. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group, 2013.

Ramdani, Agus, A. Wahab Jufri, and Jamaluddin Jamaluddin. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Sebagai Sumber Belajar untuk Guru dan Peserta Didik.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4, no. 4 (October 8, 2021).

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1026.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prendamedia Group, 2008.

Sara, Siti, Suhendar Suhendar, and Rizqi Yanuar Pauzi. “Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan.” Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi 5, no. 1 (July 2, 2020):

https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1654.

Sivasailam, Thiagarajan. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: Leadership Training Institute, 1974.

Sri Sugiarti, Iis, Setiyani, and Dian Permana Putri. “Pengembangan Media Puzzle Pada Materi Suhu Dan Kalor IPA SD.” Jurnal Pesona Dasar 8, no. 2 (2020): 73–81.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI, 2016.

Supriatna, Irfan, and Salati Asmahasanah. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Terintegrasi Dengan Nilai Agama Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 3, no. 2 (December

, 2019): 162. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34803.

Utami, Rina Puji. “Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses

Belajar Mengajar.” Dharma Pendidikan 12, no. 2 (2017): 62–81


Refbacks

  • There are currently no refbacks.