PENGARUH PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Sinta Dewi, Resti Yektyastuti, Erlina Erlina

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Project – Based Learning dengan menggunakan Design Thinking terhadap hasil belajar IPA siwa sekolah dasar. Model penelitian adalah kuasi ekperimen (quasi eksperimental research) dengan desain posttest only control design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Harjasari 01. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Harjasari 01. Sampel penelitian adalah kelas V A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Data yang diambil merupakan hasil tes yang diberikan dalam penelitian ini terdiri dari 10 pertanyaan essay. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan uji penentuan hipotesis dapat dikatakan Ha diterima Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Dalam penelitian ini Hasil hasil uji-t diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang bermakna bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Pembelajaran Project – Based Learning (PjBL) dengan menggunakan Design Thinking terhadap hasil belajar IPA siwa sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Andi, P. jana & D. R. (2019). Computer Based National Exam Guidance for the Students of Muhammadiyah 3 Senior High School. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 84–89.

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48.

https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

N. Mardiani, M. Perkasa, P. A. M. (2022). Pengaruh Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kimia Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Woja. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 5(1), 5–15.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Ramadhani, F. (2020). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam pembelajaran daring di kelas IX SMP. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 237–243.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index

Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1581. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15056

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. alfabeta.

Sulistiani, I. R. (2020). Contextual Teaching and Learning ( Ctl) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6966

Wakhidah, N., & Laelasari, iseu. (2022). Observing Skills And Questioning Skills: Are They Correlated In The Learning Process? Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 5(2), 131–144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.