Implementasi Eksperimen IPA Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/MTs

Helmi Auliya, Ro'i Khatul Jannah, Henry Setya Budhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah melaksanakan eksperimen IPA berbasis virtual laboratory pada materi cermin cekung dan cembung. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX B MTs. Muhammadiyah Nalumsari. Data keterampilan proses sains diperoleh melalui observasi dan tes menggunakan lembar soal pre-test dan post-test. Temuan dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan proses sains siswa setelah melaksanakan eksperimen IPA berbasis Virtual Laboratory. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang semakin meningkat pada praktikum 1 sebesar 3,00 (baik), dan praktikum 2 sebesar 3,70 (sangat baik) yang menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains sebesar 22,5%.

Full Text:

PDF

References


Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. Belajar Dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Erviana, Lina. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum Ipa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp-It Ar Rahmah Pacitan.” Dinamika Pendidikan Dasar 7, no. 2 (2015): 71–77.

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung: Alfabeta, 2015.

Sujanem, Rai, Erwan Sutarno, and I Gede Aris Gunadi. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP Dengan Program Simulasi Phet.” International Journal of Community Service Learning 3, no. 1 (2019): 11.

Syamsu, Fetro Dola. “Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap.” BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 4, no. 2 (2017): 13–27. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190.

Zahroh, Faristya Putri Alviana, Elok Sudibyo, and Mitarlis. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2, no. 2 (2017): 45–52


Refbacks

  • There are currently no refbacks.