ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Denisa Puspa Cahya, Resti Yektyastuti, Annisa Mawardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran IPA kelas V SD pada materi peredaran darah manusia terhadap motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan kepada di SDN Puspanegara 05. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan teknik analisis data dengan metode penelitian yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran berupa video pembelajaran dan power point mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Peredaran Darah Manusia. siswa cukup konsentrasi serta fokus dengan materi yang disampaikan oleh guru di kelas, siswa juga menjadi lebih paham dan mudah mengingat materi selain itu siswa juga merasa senang pada saat belajar menggunakan media tersebut. Siswa aktif bertanya, menjawab serta menyampaikan pendapat.

Full Text:

PDF

References


Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. 8, 50–60.

Halidi, H. M., & Saehana, S. N. H. dan S. (2015). Pengaruh Media Pembelejaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Laelasari, I. (2021). Analysis of the Implementation of Technology-based Outdoor Learning Model in Science Subject ( Plant Diversity ) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Outdoor Learning Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran IPA ( Keragaman Tumbuhan ). 7(1), 14–25. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.2308

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Laelasari, I., & Sholehah, I. (2021). The Relationship Between Student ’ s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education, 4(2), 61–71. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/10178

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817

Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 337–348.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 3, Issue 3).

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155

Setiyadi, D. (2016). Media Pembelajaran untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). Information Management for Educators and Professionals, 1(1), 42–53.

Setyowati, F., & Mintohari, M. (2020). Pengembangan Media Miniatur Kereta Api pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pembelajaran IPA SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8, 100–110.

Umar Sidiq, M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154


Refbacks

  • There are currently no refbacks.