Pengaruh Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs

Ririn Ernawati, Ulya Fawaida

Abstract


IPA merupakan pembelajaran yang menitik beratkan adanya proses penelitian yang bertujuan agar peserta didik mampu memahami adanya fenomena alam. Idealnya, untuk mencapai pembelajaran yang efektif di abad 21, penting untuk menggunakan materi pembelajaran yang menarik agar menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik. Hasil belajar yang rendah dalam mata pelajaran IPA menunjukkan adanya kebutuhan yang mendesak untuk melakukan upaya dan inovasi dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest. . Objek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Al Khidmah Pendosawalan. Teknik analisis data yang digunakan adalah simple paired t-test dan uji independent sample t-test. Uji coba ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh modul IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one- group pretest posttest design. Uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara pretestposttest kelas eksperimen (p-value < 0,001) dan kelas kontrol (p-value < 0,004). Uji independent sample t-test juga menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelompok (p-value < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa modul IPA berbasis PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional.

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, D. (2019). Penerapan mode pembelajaran cooperative learning dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan sains siswa kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020 [PhD Thesis]. UIN Mataram.

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Risenologi, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.60

Karnando, J., Rezki, I. K., & Tasrif, E. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Vokasi Informatika, 1–5.

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404.

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DIBANDINGKAN BERBANTUAN BAHAN AJAR CETAK PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN SISWA SMK. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130

Putri, G. A. M. D., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal of Education Technology, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21705 Ratumanan, I. P. (2015). Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rokhim, A. R., Suparmi, A., & Prayitno, B. A. (2016). Pengembngan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Kalor dan Perpindahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3(0), Article 0.

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif. Pdf. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 12

Sujiono, S., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembngan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4287

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.