Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Makanan dan Minuman Halal bagi Kesehatan

Venty Zuslia

Abstract


Pemahaman siswa terhadap makanan dan minuman halal bagi kesehatan itu penting ditanamkan sejak dini, karena mayoritas di Indonesia beragama Islam, jadi penanaman pemahaman diusia anak-anak akan menciptakan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman halal untuk kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang makanan dan minumam halal bagi kesehatan, selain itu agar siswa-siswi dapat membedakan makanan halal dan haram karena ini sangat penting untuk mengenalkan makanan dan minuman halal sejak dini. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian survei dengan pengumpulan data melalui survei skala likert kepada siswa SDN 1 Menawan Kudus kelas IV dan kelas V sebanyak 25 siswa dengan teknis probability sampling. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis indeks dari Sugiyono dan analisis racsh model menggunakan aplikasi Winsteps. Hasil penelitian Berdasarkan indikator kognitif mendapatkan hasil indeks 8,4% (sangat tidak setuju), dari skor tersebut menunjukan tingkat pemahaman siswa terkait makanan dan minuman halal masih minim. Berdasarkan indikator afektif mendapatkan hasil indeks 9% (sangat tidak setuju), dari skor tersebut menunjukan tingkat kebiasaan siswa saat membeli makanan dan minuman dengan melihat tanda halal pada kemasan makanan dan minuman terlebih dahulu halal masih minim. Berdasarkan indikator konatif mendapatkan hasil indeks 11,8% (sangat tidak setuju), dari skor tersebut menunjukan tingkat siswa untuk kedepannya saat membeli makanan dan minuman melihat tanda halal terlebih dahulu pada kemasan makanan dan minuman halal masih minim. Berdasarkan hasil analisis rash model dengan winstep dapat hasil person reability: 0,16 yaitu masuk kategori lemah, item reability 0,75 masuk kategori cukup. Kesimpulan pemahaman siswa terhadap makanan dan minuman halal bagi kesehatan masih sangat minim. Maka peneliti berharap dari penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait makanan dan minuman halal dapat mengambil hikmah setidaknya siswa dapat mengenali perbedaan makanan minuman halal dan haram, menjauhi makanan dan minuman haram sehingga siswa-siswi dapat terjaga kesehatannya.

Kata kunci: Halal, Makanan, Minuman, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Afifah. (2017). Menghindari Makanan dan Minuman Haram. Semarang. PT. Sindur Press.

Tinggi, R. (2021). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Universitas, 6, 21035. Diunduh dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/makanan-dan-minuman-yang- halal-dan-haram-4/.

Annur, Tim. (2007). Fikih Untuk MI Kelas V. Semarang: CV. Aneka Ilmu.

Laelasari, I., & Lubab, H. (2022). Cukupkah Pembelajaran Biologi Menumbuhkan Pengetahuan dan Sikap Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja? Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 9(2), 84–91.

Laelasari, I., Auliana, A., Fadlillah, S., & Sobah, N. (2021). Knowledge Level Analysis of Pre-Service Biology Teacher on Fact and Myth Down Syndrome. 5(1), 29–34.

Laelasari, I., & Maliyya, I. (2022). The Correlation Between Level of Knowledge on Immunological Materials With Healthy Life Style Awareness of Pre-service Biology Teachers. Bioeducation Journal, 6(2), 69–78.

Nisak, F. S. (2014). Makanan Bermutu dalam Al-Qur’an. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. diunduh dari http://digilib.uin-

suka.ac.id/id/eprint/13945/2/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.p

df. Novita Wijayanti, (2017). Fisiologi Manusia dan Metabolisme Zat Gizi. Universitas. Malang: Brawijaya Press.

Nur Kholis Reefani. (2017) Pola Hidup dan Tidur Sehat Ala Rasullah Saw. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Pahari. (2005). Agamaku Pendidikan Agama Islam 5. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Rasyid, Sulaiman. (2001). Fiqih Islam. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Said, M., (1987). Tarjamah Al-Qur`an Al Karim. Bandung: PT. Alma`Arif.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Su’dan. (1997). Al-Qur’an dan Panduan Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: PT Dana

Bhakti Prima Yasa.

Sukiman Wirosaputro. (2018). Makanan Kesehatan Global Alami. Yogyakarta: Gadjah

Mada Univeristias.

Suryana. (2010). Makanan yang Halal dan Haram. Jakarta Barat: PT Mitra Aksara

Panaitan.

Tirtawinata. (2006). Makanan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Ilmu Gizi. Jakarta: Balai

Penerbit FKUI.

Waharjani. (2015). Makanan yang Halal lagi Baik dan Implikasinya. Jurnal

Kominikasi dan Pendidikan Islam, 4 (2). Diunduh dari https://journal.staimsyk.ac.id. Yanggo Huzaemah Tahido. (2013). Makanan dan Minuman dalam Perspektif

Hukum Islam. Jurnal Tahkim, 9 (2) Diunduh dari https://jurnal.iainambon.ac.id.

Yaqub Ali Mustafa. (2009). Kriteria Halal-Haram, untuk Pangan, Obat dan Kosmetika

Menurut Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: PT. Pustaka Firdaus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.