Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA/MA

Sri Muji Lestari

Abstract


Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan antara objek virtual dengan objek nyata. Permasalahan yang dihadapi adalah degradasi moral yang marak terjadi di kalangan remaja, Media pembelajaran Augmented Reality dengan nilai keislaman diharapkan mampu mengatasi masalah degradasi moral serta menghubungkan siswa dengan ilmu pengetahuan dalam kepribadian diri, keluarga, sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman materi sistem ekskresi manusia tingkat SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) model PPE (Planning, Production, Evaluation). Subyek penelitian adalah guru Biologi dan siswa kelas XI-IPA MA Miftahul Ulum. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling termasuk dalam kategori non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli serta ujicoba pada guru dan siswa. Hasil penelitian divalidasi oleh ahli materi menghasilkan skor sebesar 84,4% dan ahli media menghasilkan skor sebesar 80% masing-masing dengan kategori “Layak”. Setelah validasi ahli dan revisi, produk diujicobakan kepada guru biologi sehingga menghasilkan skor sebesar 81,64% dan skor dari penilaian pada siswa sebesar 80,96% masing-masing dengan kategori “Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, media pembelajaran Augmented Reality yang telah dikembangkan layak digunakan di lapangan dalam aspek kelayakan valid dan praktis.

Kata Kunci: Augmented Reality, Nilai Keislaman, Sistem Ekskresi Manusia


References


Alifah, Rida., dkk. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Koleksi Kain Tapis (Studi Kasus: UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 2.

Aprilianti, Harmita., dkk. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Biologi Education, 3(2), 63.

Aripin, Ipin., Suryaningsih, Yeni. (2019). Augmented Reality dalam Pembelajaran Biologi, Seminar Nasional Pendidikan, Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0. FKIP UNMA, 662-663.

Bemi, Lidia., dkk. (2022). Pengaruh Degradasi Moral Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XB SMA Negeri 7 Pontianak”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,

(11).

Efendi, Neng Marlina (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan

Animasi Digital pada Start Up sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif).

Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi, 2(2), 173-182.

Hadi, Syamsul., Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers,

Hamid, Ilham. (2022). Cegah Degradasi Moral dengan Bimbingan Kesalehan Sosial.

Sukabumi: CV. Haura Utama, 12.

Kinanti, Rindayu Putri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented

Reality pada Pokok Bahasan Ekosistem untuk Pembelajaran Biologi SMA. Skripsi,

Universitas Jember.

Luzyawati, Lesy., H, Hidayah. (2019). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Materi

Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep. Mangifera Edu, 3(2), 72-87. Masyitoh, M.H. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Perspektif QS. Ar-Ra’du Ayat 11 dan Implementasinya dalam Pengelolaan Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan,

(1), 8.

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Maulana. (2018). Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT dan

Pelatihan Berpikir Supranasional. Prosiding Seminar Nasional, (Sumedang:

Universitas Pendidikan Indonesia), 297.

Mauluddin, Moh. (2021). Revolusi Generasi Muda Indonesia Guna Menyiapkan Golden

Age 2045 dalam Telaah Al-Qur’an Surah Ar-Ra’d Ayat 11 (Studi Kajian Tafsir

Tematik). Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, 4(2), 201-202. OECD. (2019). Indonesia Country Note PISA Result. (I-III), 3. Pamungkas, Krishna Huda Bagus; dkk. (2018).

Puspitasari, Debi; dkk. (2020).

Qorimah, Esti Nur., Sutama. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. JurnalBasicedu, 6(2), 2058.

Sutaryono, dkk. (2021). Augment Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 234.

Triyono, Asep., dkk. (2021). Aplikasi Pembelajaran Biologi tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality untuk Kelas XI. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 40.

Virgiawan, Rheyza. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Sistem Pembelajaran Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(1), 213-214.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.