Analisis Pertumbuhan Tanaman Toge (Vigna radiata L.) Pada Intensitas Cahaya dan Media Air yang Berbeda

Dimas Kukuh Nur Rachim, L. Lutfiah, A. F. Rahma, B. Oktavianto, H. Salsabila, R. F..R Azizah

Abstract


Vigna radiata L. atau Toge merupakan legum yang penting sebagaimana kacang tanah dan kedelai. Hali ini disebabkan oleh jumlah kandungan gizi yang terkandung dalam toge seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, dan fosfor, beta karoten, polifenol, dan asam fenolat. Selain itu, toge tergolong tanaman yang mudah untuk ditumbuh kembangkan dalam beberapa media tanam. Sehingga manfaat toge yang sangat banyak tersebut sudah tentu mudah untuk diperoleh oleh masyarakat sebagai sumber makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan tanaman toge saat diberikan perlakuan perbedaan media air dan intensitas cahaya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil pertumbuhan tanaman toge pada media air berbeda dengan intensitas cahaya terang memiliki nilai signifikasi rvalue = 0.00 yang berarti kurang dari nilai kritis

a = 0.05 . Hal ini menunjukan bahawa terdapat perbedaan pertumbuhan yang signifikan pada perlakuan media air dan intensitas cahaya terang. Selanjutnya untuk perlakuan media air berbeda dengan intensitas cahaya gelap juga diperoleh nilai siginifikasi rvalue = 0.00

yang berarti juga terdapat perbedaaan pertumbuhan tganaman toge yang signifikan. Kata kunci: Vigna radiata L, Intensitas Cahaya, Media Air.


Full Text:

PDF

References


Advinda, L. 2018. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Deepublish: Yogyakarta.

Afiyah, N., Sa’adah, L., Putri Handayani, P., & Laelasari, I. (2020). Identifikasi Biodiversitas Tumbuhan Pada Lingkungan Akuatik di Sungai Kabupaten Jepara. Journal Of Biology Education, 3(1), 32. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i1.7386

Fuadiyah, S., dan Wimudi, M. 2021. Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.). Prosiding SEMNAS BIO 2021. Vol 1(72): 587-592.

Gresinta, E. 2015. Pengaruh Pemberian Monosodium Glutamat (MSG) Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Kacang Tanah (Arachis hypogea L.). Faktor Exacta. Vol 8(3): 208-219.

Hidayanti, E., Emilda, Dan Titin, S. 2022. Respons Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Vigna Radiata) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair Limbah Air Kelapa Dan Keong Mas. Edubiologia Journal, 2 (1).

Lavria, D., Lisa, M., Dan Asil, B. 2015. Laju Pertumbuhan Tanaman Dan Produksi Dua Varietas Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L.) Dengan pemberian Pupuk Guano. Jurnal Online Agroekoteknologi, 3 (3).

Nadela, A., Marmaini, Dan Ita, E. 2020. Pengaruh Pemberian Monosodium Glutamate Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L). Jurnal Indobiosains, 2 (1).

Nailufa, L. E., Laelasari, I., Fitriani, M., & Paramadina, A. (2021). Morfologi Tipe Thalus Lichen Sebagai Bioindikator Pencemaran Udara di Kudus. 3(1), 36–42.

Novi. 2016. Pemanfaatan Monosodium Glutamat Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Pakcoy (Brassica chinensis L). Bioconcetta. Vol 2(1): 69-75.

Nursayuti. 2020. Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kacang Hijau (Vigna Radiata L) Akibat Pemberian Mikro Organisme Lokal (Mol) Pepaya. Jurnal Penelitian, 7 (1).

Palupi, R., Dan Prasetya, A. E.2022. Pengaruh Implementasi Content Management System Terhadap Kecepatan Kinerja Menggunakan One Way Anova. Jurnal Ilmiah Informatika, 10(1), 74-79.

Rajab, M. A. 2016. Pengaruh Pertumbuhan Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus) Dengan Perlakuan Pemberian Media Air Berbeda. Jurnal Uncp, 2(1), 1-10.

Rohmad. F., Ratna. D. E., Dan Nur. R. H. 2021. Pengaruh Pemberian Air Rendaman Teh Terhadap Pertumbuhan Stek Singkong. Jurnal Bio Education, 6 (1), 63-71.

Sudartini, T., Kurniati, F., Dan Lisnawati, A. N. 2020. Efektivitas Air Cucian Beras Dan Air Rendaman Cangkang Telur Pada Bibit Anggrek Dendrobium. Jurnal Agro, 7 (1), 82-91.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.