Development of Biomagz Based on Integration of Islam and Science as Teaching Materials in Respiratory System for Class XI MA/SMA

Bella Maya Triana, Muhamad Jalil

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MIPA MA/SMA. Penelitian terdiri dari: 1) Bagaimana pengembangan Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. 2) Bagaimana respon terhadap Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi tahapan 3D diantaranya yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penelitian ini diuji cobakan di salah satu Sekolah menengah Atas di Kabupaten Kudus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Biologi dan 27 peserta didik kelas XI MIPA 1. Data penelitian terdiri dari pengembangan, kelayakan, dan respon. Data proses pengembangan diambil dengan melakukan wawancara terhadap responden kemudian diidentfikasi. Sedangkan, kelayakan dan respon diambil dengan angket. Teknik analisis data secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biomagz berbasis integrasi islam dan sains yang dikembangkan berbantuan aplikasi Canva. Biomagz didalamnya memuat materi, gambar, evaluasi, dan informasi terkini dan menarik yang mampu mendorong peserta didik untuk meningkatkan minat belajar dan memahami materi pelajaran. Biomagz diuji cobakan kepada guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik kelas XI MIPA. Hasil respon guru menunjukkan bahwa persentase skor sebesar 92,70% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil penilaian respon peserta didik sebesar 92,76% termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MIPA SMA/MA layak digunakan untuk proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Elsa Ferella, T. T. (2022). Kelayakan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Submateri Interaksi Dalam Ekosistem Kelas X SMA/MA. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi , 1.

Fenti Nurjanah, R. T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Nilai- Nilai Islam Dan Sains Untuk Meninkatkan Karakter Religius Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 178-180.

Gregorian Trijulensius, M. T. (2021). Pengembangan Biomagz Sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. Biology Teaching and Learning.

Hanifah Hanifah, T. A. (2020). Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal Of Biology Education Research (JBER) , 10-16.

Jalil, M. (2022). Development of Basic Biology Textbook Based Integration of Science and Islam. Journal Of Biology Education, 47.

Lestari, K. A. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Pekembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 183-193.

Magdalena, I. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosia;, 311. Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa SMA Ditinjau Dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Dan

Keaktifan Belajar Siswa. EduBiologia: Biological Science and Education , 128. Permadi, e. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MIN 2 Mojokerto. Nazhruna:

Jurnal Pendidikan Islam.

Rusimamto, R. S. (2020). Validitas dan Kepraktisan Modul Pembelajaran Human

Machine Interface pada Mata Pelajaran Instansi Motor Listrik di SMK Negeri 3

Jombang. 399.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan

R&D . Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.